Sindopos.com - TAF & KOMPAK Fasilitasi Integrasi SMS Pengaduan dengan Lapor-SP4N.

kompak-taf-fasilitasi-integrasi-LAPOR!!-dengan-pengaduan-masyarakat-kominfi
Pertemuan Antara Kominfo dan Dasboard LAPOR!!
Bertempat diruang rapat assisten pemerintah kabupaten pacitan hari ini (19/01/2017) dilakukan pertemuan antara dinas komunikasi dan informasi pemkab pacitan dengan perwakilan dari Kantor Staff Kepresidenan (KSP) yang difasilitasi oleh KOMPAK dan The Asia Foundation (TAF). Pertemuan ini dilakukan dalam rangka merumuskan integrasi pengelolaan pengaduan masyarakat yang selama ini dikelola oleh pemerintah kabupaten yang dikelola oleh Bagian PDE Diskominfo dengan Aplikasi LAPOR !!-SP4N yang dikelola oleh Kantor Staff Kepresidenan.

Tampak hadir juga beberapa perwakilan dari beberapa SKPD terkait dan juga perwakilan masyarakat. Kegiatan pertemuan ini merupakan kegiatan awal untuk merumuskan bagaimana pengelolaan pengaduan masyarakat yang lebih baik. diharapkan kedepan dengan pengelolaan layanan pengaduan yang baik akan bisa mendorong keterlibtan publik secara partisipatif. Hal ini senada dengan  Tanti salah satu pembicara dari TAF menyampaikan bahwa "Realitas dilapangan keterlibatan publik akan mampu mendorong perbaikan layanan publik" Tegasnya.
pemaparan-gibran-dari-Kantor-Staff-Presiden
Pemaparan Dari KSP Sebagai pengelola Dasboard LAPOR!!
Secara teknis proses integrasi proses layanan pengaduan masyarakat ini tidak akan menghilangkan pola pengaduan yang sudah berjalan di kabupaten pacitan tetapi aplikasi LAPOR!! Ini akan memperkuat dan mengoptimalkan proses pengaduan pelayanan publik oleh masyarakat. “Aplikasi LAPOR!! Yang dikelola oleh KSP ini merupakan amanah dari UU No 25 tahun 2009 dan perpres 76 tahun 2013. Terkait proses layanan pengaduan  yang sudah berjalan di pacitan, adalah pintu – pintu kecil untuk memasukkan pengaduan layanan di daerah  dimana datanya akan terintegrasi ” tegasnya.

Diakhir sesi moderator diskusi Nandang Suherman yang merupakan perwakilan dari INISIATIF menawarkan rencana tindak lanjut dari kegiatan ini. Berikut ini beberapa kesepakatan yang disepakati oleh semua peserta :
  • Menetapkan dan melegalisasi operator yang akan menjalankan proses integrasi layanan pengaduan Pemkab Pacitan dengan LAPOR!!.
  •  Pelatihan operator untuk memberikan pemahaman konsep lapor dan pemahaman pada tataran teknis.
  •   Lokakarya untuk merumuskan SOP proses pengaduan layanan pengaduan yang terintegrasi layanan pengaduan Pemkab Pacitan dengan LAPOR!!.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close