Sindopos.com - Bupati Resmikan Empat Proyek Insfratuktur Di Kabupaten Pacitan

Bupati Resmikan Empat Proyek Insfratuktur Di Kabupaten Pacitan
Bupati Resmikan Empat Proyek Insfratuktur Di Kabupaten Pacitan
Sarana Penghubung suatu wilayah sangat penting guna memperlancar jalur ekonomi rakyat di Kabupaten Pacitan, Sebanyak empat proyek infrastuktur akhirnya selesai dan diresmikan oleh Bupati Pacitan, Indartato di Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo.(12/1)

Adapun, keempat proyek infrastuktur yang diresmikan bupati Indartato tersebut adalah jembatan Dembo Ngadirojo, Jembatan Banjarsari Pacitan, jalan wisata Sendang-Kalak dan jalan wisata Sendang-Klayar. “Semoga dengan pembangunan infrastuktur yang memadai ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menuju kesejahteraan masyarakat Pacitan,”kata Indartato saat memberikan sambutannya.

Dengan adanya jembatan Dembo Ngadirojo, akses masyarakat di tiga dusun, yakni Dembo Kidul, Dadapan dan Kapyuran terhambat sejak tahun 2014 lalu kini bisa normal kembali. Jembatan Dembo pun menjadi prioritas Dinas Bina Marga Pacitan.

Dalam pembangunan jembatan Dembo, meski ada temuan kelebihan bayar oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebesar Rp 122 juta atas volume pekerjaan Jembatan Dembo, akhirnya jembatan tersebut bisa terselesaikan akhir 2016 lalu. Setelah kelebihan bayar dilunasi CV Klayar Indah selaku rekanan, kelanjutan proyek fisik tersebut adigelontor anggaran Rp 8,3 miliar. Pembangunan jembatan Dembo ini sendiri sempat mengalami kendala akibat banjir.

Bangunan jembatan Dembo tersebut dikerjakan oleh CV Klayar Indah. Meliputi pembangunan pilar jembatan pada tahun 2014 lalu yang menyedot anggaran sekitar Rp 690 juta. Serta pengerjaan oprit dan pondasi tiang jembatan bangunan atas dengan menggunakan balok girder sebesar Rp 1,83 miliar.

Anggaran yang dialokasikan tahun 2016 lalu digunakan untuk membangun rangka baja untuk bentang atas jembatan berukuran 6×25 meter. Selain itu, panjang dan lebar jembatan ditambah agar bisa dilewati kendaraan roda empat dari dua arah. Dari lebar semula sekitar 1,5 meter dilebarkan menjadi 3,5 meter dengan panjang jembatan sekitar 300 meter.

Konstruksi jembatan baru tersebut dipastikan lebih kuat. Sehingga mampu menahan terjangan arus Sungai Lorok yang menyebabkan jembatan lama putus. Bangunan jembatan sudah melalui kajian terlebih dahulu.

Selain Meresmikan dua jembatan,Bupati juga Meresmikan dua Jalan Jalur Wisata rute Sendang - Kalak dan Sendang - Pantai Klayar. Alokasi Anggaran untukbProyek tersebut adalah Rp.24,5 Milyar atau sekitar 25 Persen dari Alokasi anggaran perbaikan jalan pada tahun 2016.

Adapun proyek tersebut dengan rincian peningkatan kapasitas jalan Punung-Kalak sekitar Rp 8 miliar, Sendang-Pantai Klayar sebesar Rp 7 miliar, Dersono-Kalak Rp 5 miliar, Sukodono-Kalak Rp 2,5 miliar, dan Jalan Dadapan-Watukarung-Dersono sebesar Rp 2 miliar.

Perbaikan akses pariwisata ini merupakan prioritas pemkab tahun 2016. Mengingat perbaikan di beberapa titik jalan tersebut memang mendesak, terlebih jalur tersebut semakin padat karena menjadi jalan alternatif ketika Jalan Punung-Pantai Klayar macet saat libur panjang tiba.’’Dengan begitu, kami berharap akses menuju Pantai Klayar bisa lebih lancar,’’ Pungkas Bupati Pacitan. (tyo)

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini