Bupati Pacitan Tinjau SDN I Ketepung Yang Ambles Sepanjang 40 Meter

Sindopos.com - Pacitan Siaga Bencana Alam.

bupati-pacitan-sidak-sdn-punjung-dampak-bencan
Pemerintah Kabupaten Di Pimpin Bupati Pacitan Meninjau Lokasi SDN Ketepung
Bencana alam di Pacitan yang terus terjadi menyebabkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan, Dan beberapa di antaranya adalah bangunan sekolah, Salah satu sekolah dengan kerusakan cukup parah akibat bencana tanah ambles adalah Sekolah Dasa Negeri  Ketepung I.

Sekolah yang terletak di Dusun Sumber, Desa Ketepung, Kecamatan Kebonagung ini mengalami  kerusakan paling parah. Kondisi tanah halaman serta pagarnya ambles hampir mencapai 1 meter dengan panjang tanah amblas mencapai 40 meter. Kerusakan juga mengancam tiga unit ruang kelas.

Bupati Pacitan saat meninjau ke lokasi Tanah ambles di SDN I Ketepung mengungkapkan, Pemerintah Daerah bersama dengan Dinas Pendidikan akan menindak lanjuti dan akan segera mencari solusi untuk masalah ini,apa kah akan di grouping ke SDN II atau kita benahi, "Masih akan kita cari jalan keluarnya dengan kejadian ini,agar siswa bisa terus belajar dengan tenang dan tidak was-was karena melihat sekolahnya yang sebagian ambles", Ungkap orang nomor satu di Pacitan ini.(10/12)

Lebih lanjut, Indartato menyampaikan bahwa jika upaya pembenahan bisa dilakukan, akan dilakukan, sehingga aktivitas pembelajaran terus jalan.‘’Kalau masih bisa untuk dibenahi, akan kami benahi. Dalam artian akan kami bangun talutnya itu. Ya kemungkinan proses belajar mengajar di SDN Ketepung I bisa terus jalan,’’ Tuturnya.

Atas kondisi tersebut, Dinas Pendidikan Pacitan berencana melakukan regrouping SDN Ketepung I dengan SDN Ketepung II.

“Kebetulan SDN Ketepung II hanya berjarak 100 meter dari SDN Ketepung I. Namun demikian, kebijakan regrouping itu akan dikaji lebih lanjut. Sambil menunggu perkembangan kondisi cuaca saat ini,”kata Sakundoko, Kepala Dinas Pendidikan Pacitan saat mendampingi Bupati.

Selain di SDN Ketepung I, kerusakan sekolah akibat bencana tanah ambles dan longsor juga terjadi di empat sekolah lainnya di Pacitan. Sekolah tersebut diantaranya SDN Kebonsari yang terletak di Dusun Kayen, Desa Kebonsari, Kecamatan Punung, Kemudian juga SDN Tahunan II yang terletak di Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo, SDN Tulakan I di Tulakan, serta SMPN 4 Nawangan di Desa Mujing, Kecamatan Nawangan, Kerusakan pada umumnya didapati pada talut serta pagar sekolah.Pungkasnya. (tyo)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form