Air Terjun Gorobogan Sewu Trenggalek | Ratna Laksmindari
Info Trenggalek - Istilah Grobogan Sewu bisa dibilang kurang begitu familier di telinga masyarakat, namun dengan sebutan Air terjun Pelang banyak orang yang langsung bisa mengenalnya. Penamaan ini dikarenakan Grobogan Sewu yang merupakan sebuah spot berupa air terjun, terletak di dalam area wisata Pantai Pelang yang lebih dulu dikenal dan tersebar luas di Masyarakat. Air terjun Grobogan Sewu yang berada di kawasan pantai ini tidak lantas air terjun yang langsung bermuara ke laut, melainkan mengalir terlebih dulu melalui sungai kecil baru kemudian berakhir di laut.

Air terjun Grobogan Sewu berada di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, lokasinya sama dengan Pantai Pelang. Untuk dapat sampai ke lokasi, Anda dapat mengambil jalur utama Tulungagung - Trenggalek sampai melewati TMP (Taman Makam Pahlawan) dan pertigaan Jarakan (pertigaan utara TMP). Dari pertigaan belok kiri ke arah barat menuju Dongko - Panggul. Dari sini, perjalanan Anda akan sedikit lebih sulit, jalan menuju Kecamatan Panggul terdapat banyak jalan yang berlika-liku tajam serta menanjak - menurun. Tetapi kesulitan itu akan juga terbayar dengan pemandangan hutan di kanan-kiri jalan serta menengok eloknya Trenggalek dari ketinggian. Dan selanjutnya Anda tinggal mengikuti jalur sesuai papan petunjuk yang terpasang di jalan. Waktu yang ditempuh untuk perjalanan ini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam.
Grobogan Sewu tampak dari depan | Ratna Laksmindari
Dapat dikatakan tidak terlalu tinggi yakni hanya 10 meter, namun air terjun Grobogan Sewu Trenggalek tetap menyajikan keunikan tersendiri kepada siapa saja yang melihatnya. Dengan tebing yang cukup panjang, air yang mengalir di setiap bagian tebing yang mirip batuan Karst berwana putih kekuningan dapat memperlihatkan pemandangan air terjun yang indah, yang seakan ingin menggoda pengunjung bermain bersama hamparan air yang mengalir di tengah pohon-pohon unik yang menghiasi. Panggul merupakan daerah dengan dataran yang lebih tinggi di Kabupaten Trenggalek, tentu iklim dan suhunya juga lebih sejuk dibandingan dengan wilayah lain. Hal ini yang kemudian membuat air di air terjun Grobogan Sewu Trenggalek terasa begitu dingin dan menyegarkan.

Dari segi fasilitas juga sudah lumayan lengkap, di area wisata Grobogan Sewu ini, pengelola telah menyediakan tempat sampah di beberapa titik untuk memudahkan pengunjung yang akan membuang sampah sekaligus sebagai upaya bersama dalam menjaga kebersihan area wisata. Selain itu pengelola juga menyediakan fasilitas lainnya seperti kamar mandi, tempat sholat, dan papan petunjuk.
Keseruan Wana Air Terjun Pantai Pelang Trenggalek | Joko Widodo
Bagi Anda yang ingin menikmati salah satu pesona alam bumi Trenggalek ini, kami sarankan lebih baik di saat musim penghujan. Sebab pada musim penghujan volume air yang ada tentu lebih banyak, sehingga hal ini akan membuat pemandangan air terjun semakin cantik, dan tentunya akan membuat acara bermain Anda semakin seru.

Keindahan alam air terjun Grobogan Sewu di pantai Pelang ini juga dibubuhi oleh cerita lokal masyarakat yang mengatakan bahwa, siapa saja yang mandi di tempat ini, ia akan menjadi lebih awet muda. Nah, coba saja kalau tidak percaya, melihat pemandangan yang elok akan membuat pikiran menjadi fresh, hati menjadi bahagia, ditambah dengan dinginnya air di Kecamatan Panggul, tentu akan membuat Anda awet muda bukan?. (Sumber : http://www.infotrenggalek.com)

Post a Comment

Powered by Blogger.