Sindopos.com - Hujan Deras Guyur Pacitan, Sejumlah Titik Alami Longsor dan Banjir.

banjir-putus-akses-jalan-karangnongko-kalipelus-plumbungan-katipugal-mantren
Tanah Longsor Di Kawasan Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung
Hujan deras mengguyur kawasan Kabupaten Pacitan bagian timur pada hari kamis (15/09/2016) sekitar pukul 08.00 malam mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir dan tanah longsor. Meskipun waktu hujan hanya sebentar, akan tetapi karena intensitas hujan yang tinggi dibagian hulu disertai angin kencang mengakibatkan tanah longsor dan pohon serta tiang listrik tumbang.

Setidaknya ada 2 titik tanah longsor yang menutup badan jalan dikawasan kecamatan kebonagung, Kedua titik longsor ini berada tepat diantara dua jalur besar yang ada dikecamatan kebonagung. Satu titik longsor berada di Sesa Purwoasri yang merupakan jalur utama yang menghubungkan Pacitan Kota dengan Desa Karangnongko, Desa Plumbungan, Desa Kalipelus, Desa Katipugal dan Desa Karanganyar.
[ads-post]
Titik longsor terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, dimana pada saat ini sudah banyak kendaraan yang kemudian putar balik. Banyak kendaraan yang akhirnya memilih kembali baik dari arah kota ke 5 desa tersebut maupun dari arah sebaliknya. Untuk mengantisipasi ini, pada saat tim sindopos berada dilokasi, pihak Bina Marga Kabupaten Pacitan juga sudah meninjau ke lokasi dan akan mengerahkan alat berat. Untuk itu warga setempat pun ikut andil membantu membersihkan pohon - pohon yang tumbang serta membantu menyiapkan lokasi untuk memindahkan material longsor. 

Dilain tempat lain tepatnya di Desa Gawang Kecamatan Kebonagung, Longsor parah juga terjadi tepat di Jalur Lintas Selatan sehingga menutup badan jalan sepanjang kurang lebih 100 m. Jalur ini selain menghubungkan kabupaten Pacitan dengan Desa Sidomulyo, Desa Wora Wari, Desa Mantren dan Desa Klesem juga  merupakan jalur utama antar provinsi yang menghubungkan kabupaten Pacitan dengan Kabupaten Trenggalek (VIA JLS). Dengan kondisi ini minimal 8 desa tidak memiliki lagi jalur akses keluar masuk karena kedua jalur di titik timur dan selatan kebonagung tertutup material longsor.

Sampai pada saat berita ini diturunkan belum ada pihak BPPD kabupaten Pacitan yang bisa dikonfirmasi, akan tetapi pihak dari Polres Pacitan sejak malam dini hari sudah berada dilokasi untuk menutuo jalur dan membantu pengendara saat melintas Jalur Lintas Selatan ini. 

Lihat video lokasi tanah longsor yang menutup badan Jalan di Jalur Lintas Selatan tepatnya di Desa Gawang Keacamatan Kebonagung dibawah ini :

Post a Comment

Powered by Blogger.