5 Danau Paling Dalam Di Indonesia - Menurut Wikipedia Indonesia, danau merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, baik itu air tawar maupun air asin di mana cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Danau dapat dibedakan menurut proses terjadinya seperti danau tektonik, danau vulkanik, maupun danau buatan. Nah, Indonesia merupakan negara tropis yang mempunyai banyak danau. Danau-danau di Indonesia kerap dikunjungi wisatawan sebagai tempat wisata. Nah, beberapa danau di Indonesia mempunyai kedalaman yang cukup menakjubkan.

Berikut adalah 5 Danau Paling Dalam Di Indonesia :


1. Danau Matano – 590 m

Danau Paling Dalam Di Indonesia


Danau yang terletak di kota Sorowako, Luwu Timur ini memiliki kedalaman 590 meter (1.969 kaki). WWF menjuluki Danau Motano sebagai danau paling dalam di indonesia bahkan Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia. Air danau ini sangat jernih dan sering dijadikan tempat berlibur bagi masyarakat setempat. Saking jernihnya, penduduk sekitar danau pun menggunakan air danau sebagai air minum. Di danau juga terdapat spesies ikan yang menarik minat ilmuwan, yakni ikan Butini (Glossogobius matanensis).


2. Danau Toba – 529 m

Danau Paling Dalam Di Indonesia

Meski dijuluki danau terbesar di Asia Tenggara, ternyata kedalaman Danau Toba masih kalah dengan Danau Matano. Danau Toba hanya memiliki kedalaman maksimal 529 m. Danau vulkanik ini memiliki sebuah pulau di tengah-tengahnya. Danau Toba terbentuk saat ledakan supervolcano 73.000 tahun yang lalu terjadi. Letusan tersebut selain menyebabkan terbentuknya kaldera yang menjadi cikal bakal Danau Toba. Letusan juga menyusutkan populasi manusia hingga 60% pada saat itu.

3. Danau Poso – 450 m

Danau Paling Dalam Di Indonesia

Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia sekaligus salah satu danau paling dalam di indonesia. Kedalaman Danau Poso adalah 450 m. Danau yang tenang ini merupakan tempat peternakan belut, ikan Sidat atau Sugili terbesar di dunia. Danau ini juga merupakan salah satu danau terindah di dunia dengan pasir putih yang terdapat di tepi danau hingga dasar danau.


4. Danau Dibawah – 309 m

Danau Paling Dalam Di Indonesia

Danau ini merupakan danau kembar yang terletak di kabupaten Solok, Sumatera Barat. Danau ini mempunyai kedalaman 309 m. Di tepi danau, penduduk biasa bercocok tanaman holtikultura, seperti kol, wortel, dan kayu manis. Uniknya, meski berada diberi nama Danau Dibawah, danau ini sesungguhnya terletak di bagian atas danau kembarannya.


5. Danau Singkarak – 268 m

Danau Paling Dalam Di Indonesia

Danau yang terletak di antara kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu danau paling dalam di indonesia dengan kedalaman mencapai 268 m. Danau ini merupakan hulu dari Batang Ombilin, sebuah sungai yang mengalir di Sumatera Barat. Di danau ini terdapat spesies ikan endemik, yakni ikan bilih. Ikan ini diperkirakan hanya hidup di danau ini. Tak heran, ikan bilih kerap menjadi olahan bagi mereka yang melancong ke Danau Singkarak.


Sumber : liputan6.com

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini