Apabila kita melihat pelangi, maka menjadi hal biasa jika pelangi akan berbentuk melengkung terlihat ke arah bawah atau mirip dengan sebuah jembatan, akan tetapi belum lama ini, netizen dihebohkan dengan sebuah fenomena unik, dimana pelangi posisinya malah terbalik seperti ikon senyum dan hal ini kerap disebut dengan fenomena Pelangi Terbalik atau Circumzenithal Arcini.

Fenomena ini memang termasuk pada salah satu fenomena alam yang jarang sekali terjadi alias fenomena langka dan ajaib. Dengan berbentuk unik seperti itu, ternyata untuk proses terjadinya pun berbeda dari pelangi yang biasa kita lihat, biasanya ini terjadi akkibat adanya pembiasan dari cahaya dari tetesan air hujan maupun kabut. Akan tetapi, berbeda dengan Pelangi Terbalik yang awal mula terjadinya karena diakibatkan adanya pembiasan cahaya melalui sebuah kristal es di awan yang berada di dataran tinggi.

Fenomena Pelang posisi terbalik ini, oleh para ilmuwan disebut dengan istilah Fenomena Circumzenithal Arc atau Circumzenithal Arcini. Yaitu sebuah fenomena yang termasuk fenomena optik akibat adanya interaksi cahaya bersama kristal es. Jika melihat pembentukan Circumzenithal Arc, kristal es harus pada posisi tertentu dengan menghadap ke matahari, selanjutnya cahaya harus bisa masuk melalui sebelah sisi atas kristal es yang memang memiliki bentuk prisma.

Supaya peristiwa Pelangi Terbalik maka untuk matahari posisinya harus ada di ketinggian di bawah 32 derajat juga untuk pembentukan sinar matahari ada di 22 derajat tepat di atas cakrawala. Sehingga, fenomena unik Pelangi posisi terbalik saling ketergantungan dengan es, maka biasanya kan terjadi di negara yang memang beriklim dingin atau kerap ada musim salju.


Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini