Pertemuan Tingkat Menteri Kelompok 77 dan Tiongkok
Nairobi – Pertemuan Tingkat Menteri Kelompok 77 dan Tiongkok dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2016, sebelum Konferensi Tingkat Menteri (KTM) United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) ke-14 di Nairobi, Kenya, resmi dibuka. 

Dalam pertemuan dimaksud, Ketua Delegasi RI, yaitu Dubes RI Nairobi, Soehardjono Sastromihardjo, menyampaikan posisi Indonesia bagi penguatan mandat UNCTAD terkait peningkatan program dan kinerja dalam jangka waktu 4 (empat) tahun ke depan. Indonesia berpandangan bahwa kedua hal tersebut harus terefleksikan dalam outcome document KTM UNCTAD ke-14. 
“UNCTAD perlu direvitalisasi sebagai pemain utama dalam international economic governance. Efektifitas UNCTAD dipandang dapat tercapai apabila terdapat resource yang mencukupi.”, kata Dubes RI Nairobi, Soehardjono Sastromihardjo, dalam pidatonya.
Indonesia menyerukan agar Kelompok 77 dan Tiongkok dapat bekerja sama dengan UNCTAD untuk meningkatkan budget, memperbaiki administrasi dan kebijakan terkait sumber daya manusia UNCTAD, yang akan dibahas dalam Komite 5 UNGA. 
Di samping itu, Indonesia menggarisbawahi bahwa outcome KTM UNCTAD ke-14 harus mampu mencerminkan kebutuhan negara berkembang, dengan mencakup 3 (tiga) prinsip utama, yaitu policy space, special and differential treatment (S&D), dan common but diffentiated responsibility (CBDR), serta mengakomodasi pembahasan isu-isu terkait transfer teknologi, debt crisis prevention and resolution, tax evasion dan tax avoidance, serta reformasi perjanjian investasi internasional. 
Secara umum, Deklarasi Menteri Kelompok 77 dan Tiongkok sejalan dengan kepentingan Indonesia, utamanya dalam mengimplementasikan berbagai hasil pertemuan internasional dengan mempertimbangkan antara lain pentingnya policy space dan fleksibilitas untuk memformulasikan strategi pembangunan berdasarkan kapasitas dan kepentingan masing-masing negara, mobilisasi resources untuk implementasi Sustainable Development Goals, penguatan kerja sama pembangunan, dan lain-lain. 
Konferensi Tingkat Menteri (KTM) United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) ke-14 akan berlangsung hingga tanggal 22 Juli 2016. 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close