Jalan masuk Agrowisata Belimbing Karangsari Blitar | by belimbingkarangsari
Wisata Blitar - Apakah Anda termasuk penikmat buah-buahan seperti Belimbing?. Di Kota Blitar sudah banyak tempat wisata yang menawarkan unsur keindahan alam, unsur nilai sejarah berharga, atau unsur edukatifnya, seperti Makam Bung Karno, Candi Penataran, dan Kampung Coklat. Namun tidak hanya itu saja, baru-baru ini salah satu tempat wisata dengan basic perkebunan yakni Agrowisata Belimbing Karangsari Blitar menjadi objek wisata yang menarik perhatian masyarakat luas.

Agrowisata Belimbing ini secara administratif berada di Desa Karangsari Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Sejumlah 5 Ha tanah dijadikan sebagai lahan perkebunan, pembibitan dan pengembangan buah Belimbing. Perkebunan ini sesungguhnya sudah lama dikembangkan, yakni sejak tahun 2008.
Area perkebunan belimbing karangsari | by belimbingkarangsari
Sebagai sebuah agrowisata, tentu hasil perkebunan yang dihasilkan disini memiliki kesitimewaan tersendiri. Dibandingkan dengan belimbing biasa, Belimbing Karangsari memiliki ukuran yang lebih besar, warna khas kuning kemerahan dan rasa manis yang dominan. Tidak mengherankan apabila buah Belimbing yang dihasilkan memiliki ciri sekemikian rupa, pasalnya pengelola Agrowisata Belimbing Karangsari Blitar memberikan perawatan maksimal untuk hasil panenan Belimbing yang berkualitas, diantaranya seperti penggunaan bibit buah dengan kualitas super, pemberongsongan buah saat masih di pohon, pembersihan buah, grading, sortasi sampai pengemasan untuk menjaga higinitas buah.

Perkebunan di Blitar ini juga melakukan pengembangbiakan untuk meningkatkan produktifitas buah Belimbing dengan teknik okulasi. Tahap awal dalam pengembangbiakan ini dimulai dengan penangkaran benih dan selanjutnya ditanam di dalam polibag. Setelah benih tumbuh dan berusia satu tahun lebih, selanjutnya dilakukan teknik okulasi dengan pengambilan mata tempel dari pohon induk dan ditempelkan di benih usia satu tahun tersebut.
Produksi buah Belimbing Agrowisata Karangsari | maripelesir
Selain pengunjung dapat menikmati buah Belimbing secara langsung, di sebuah Gedung pabrik yang berada di depan perkebunan, buah Belimbing juga diolah menjadi berbagai olahan yang tentu menggugah selera. Beragam olahan di Agrowisata Belimbing Karangsari Blitar ini diantaranya Dodol Belimbing, Sari Buah Belimbing, Manisan Belimbing, Sirup Belimbing, dan Keripik Belimbing.

Yang unik lagi adalah, bagi warga di sekitar area Agrowisata Belimbing Karangsari Blitar seakan menjadikan Belimbing sebagai tanaman wajib. Pasalnya Anda akan menemukan tanaman Belimbing di setiap rumah warga. Tanaman belimbing di Karangsari rata-rata dapat menghasilkan sekitar 0,5 kwintal lebih setiap periode berbuah yaitu selama empat kali dalam satu tahun. (Sumber : http://www.infotrenggalek.com)

Post a Comment

Powered by Blogger.