Sindopos.com - Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan Menuju Modernisasi Perpustakaan Dengan IT.  [ads-post]

pelatihan_it_dasara_perpusda_pacitan_dan_coca_cola_foundation
Suasana Pelatihan IT Dasar Kerjasama Perpusda Pacitan Dengan Coca Cola Foundation
Bertempat di ruang pelatihan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Pacitan, puluhan peserta pelatihan IT dasar antusias mengikuti rangkaian pelatihan IT dasar yang diselenggarakan tanggal 25 - 26 April 2016. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kedepan keberadaan IT lebih bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas khususnya di kabupaten Pacitan.

Pelatihan ini merupakan rangkaian pelatihan yang berkesinambungan mulai dari pengenalan Teknologi, Pengenalan IT dasar sampai pada penggunaan IT dalam pengelolaan dan pengembangan teknologi dalam mengelola perpustakaan. Seperti apa yang di sampaikan oleh Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Pacitan Pin Rosiana, SH. "Pelatihan ini merupakan rangkaian pelatihan untuk memberikan ketrampilan kepada masyarakat untuk meningkatkan daya tarik masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan. Dengan ketrampilan IT ini diharapkan ketika pengunjung datang ke perpustakaan bukan hanya untuk membaca buku, tetapi bisa memanfaatkan komputer dan jaringan internet". 

"Pelatihan IT dasar ini merupakan langkah awal modernisasi perpustakaan" tegas kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Pacitan.  

"Untuk memajukan Perpustakaan peran Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah merupakan fasilitator pemerintah daerah dan Coca - Cola Foundation sebagai bentuk peran swasta untuk meningkatkan budaya membaca dan mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat" ujar Ibu kelahiran Muara Pinang ini.

kepala_perpusda_pacitan
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pacitan
Dikarenakan target peserta pelatihan adalah masyarakat maka metode yang digunakan adalah metode andragogy atau model pelatihan untuk orang dewasa. Difasilitasi oleh Coca - Cola foundation yang menghadirkan 2 orang fasilitator Perpus Seru yaitu Ahmad Fajri Nida dan Gemma Hanggarsih.

Fajri salah satu fasilitator dari coca - cola foundation ini mengungkapkan jika output dari pelatihan ini adalah bukan untuk memlatih peserta menjadi ahli di bidang IT tetapi lebih mengarah bagaimana cara peserta dapat menularkan pengetahuan dasar IT yang dimiliki nya untuk disebarkan kepada masyarakat luas.

Untuk mengetahui sekilas bagaimana suasana pelatihan IT dasar ini lihat video dibawah ini :


Inilah keseruan para peserta pelatihan di akhir acara kegiatan pelatihan IT dasar di Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Paciatn.
Para Peserta Pelatihan IT Dasar Kerjasama Perpusda Pacitan Dengan Coca Cola Foundation

Post a Comment

Powered by Blogger.