Pemandangan malam hari di puncak Gunung Budeg Tulungagung | by dolandolanseneng.blogspot.co.id
Info Trenggalek - Gunung Budeg merupakan salah satu gunung yang ada di Tulungagung yang memiliki tercerita tersendiri di dalamnya. Gunung ini secara administratif terletak di Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat dengan ketinggian sekitar 600 mdpl dan dengan dua puncak berbeda sebagai ciri khasnya.

Sebelum kita mengeksplorasi bagaimana keindahan pemandangan ketika berada di puncak Gunung Budeg, sedikit ada data tentang sejarah penamaan gunung ini.  Berdasarkan cerita yang pernah kami dengar tentang Gunung Budeg Tulungagung, penamaan “Budeg” sebagai nama gunung ini sesungguhnya bukan nama sebenarnya. Konon gunung ini pada awalnya bernama gunung “budha”. Mungkin dulu kawasan sekitar gunung banyak penduduk yang beragama budha atau mungkin gunung ini pernah menjadi tempat pusat peribadatan agama budha di kawasan Tulungagung. Karena perbedaan aksentuasi penyebutan dari penduduk satu ke penduduk lain yang berlangsung terus menerus, akhirnya membuat perubahan penyebutan nama dari “budha” menjadi “budeg”. Mengenai benar tidaknya, ini hanya sebuah pengolahan dari informasi yang pernah kami dapat. Untuk informasi selengkapnya, mungkin pembaca dapat melengkapinya pada kolom komentar.

Berbicara mengenai Gunung Budeg Tulungagung, tentu kita tidak bisa melepaskan dari unsur keindahan pemandangannya. Memang para traveller yang mengeksplorasi gunung ini, keindahan alamnya menjadi salah satu tujuannya. Di saat kita berada di puncak Gunung Budeg, kita dapat menikmati pemandangan berupa hamparan luas wilayah Kabupaten Tulungagung. Kenikmatan yang kita peroleh akan semakin terasa karena memang selama pendakian kita dihadapkan dengan jalan yang lumayan terjal dan menanjak. Namun setelah sampai di puncak, rasa lelah kita akan terbayar sudah. Belum lagi apabila kita camping di sana, kita akan memperoleh pemandangan mengasikkan di malam hari dan di pagi harinya kita berkesempatan untuk menengok sang surya saat terbit dari ufuk timur, tentunya ini akan menambah keseruan kita dalam menikmati salah satu keindahan kota marmer.
Panorama Gunung Budeg Tulungagung | by mreyhanflorean.blogspot.co.id
Lokasi Gunung Budeg Tulungagung sebagaimana yang telah kami sampaikan diatas berada di Kecamatan Campurdarat. Untuk jalur akses menuju kesana, kita tidak perlu cemas tidak sampai di lokasi, tinggal bertanya kepada penduduk sekitar dan kita akan sampai di lokasi tanpa tersesat.

Di bawah kaki gunung sudah tersedia fasilitas parkir motor, jadi apabila kita menggunakan motor tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan kendaraan kita. Untuk dapat masuk ke lokasi Gunung Budeg Tulungagung kita disarankan membayar biaya konservasi minimal Rp. 2000. Tarif yang ditetapkan ini tidak lain sebagai upaya untuk memelihara kelestarian Gunung Budeg.

Demikian selayang pandang tentang Gunung Budeg Tulungagung, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini