Taman Alun-Alun Tulungagung | by wabama.blogspot.com
Info Trenggalek - Salah satu sarana umum yang berada di pusat Kabupaten Tulungagung adalah Alun-Alun Tulungagung yang sekaligus sebagai taman kota marmer. Terdapat jalan melingkar yang mengelilingi alun-alun dengan kelengkapan-kelengkapan perkantoran dan fasilitas umum disekitarnya. Di bagian barat alun-alun terdapat Masjid kebanggaan masyarakat Tulungagung, Masjid Agung Al-Munawwar, di sebelah utara bagian barat terdapat Gedung Balai Rakyat yang biasanya dijadikan tempat dilangsungkannya event-event tertentu, seperti seminar, pameran buku, atau kegiatan lainnya. Sebelah utara alun-alun tepat, terdapat Pendopo Alun-Alun Tulungagung “Kongas Arum Kusumaning Bangsa”. Perpustakaan Daerah dan Gedung DPRD Kabupaten Tulungagung berada, di sebelah selatan Kantor Capil dan Kantor Pos Pusat Kabupaten Tulungagung.

Keasrian Alun-Alun Tulungagung semakin tampak dengan berbagai tambahan fasilitas dan infrastruktur. Selain air mancur yang tepat berada di tengah Alun-Alun, suasana pada malam hari terasa lebih indah dengan sorotan warna-warni lampu yang terpasang di setiap tempat atau sudut alun-alun. Pepohonan besar nan rindang di bagian dalam alun-alun menambah kesejukan siapapun yang mencari waktu santai di sana. Tidak cukup sampai di situ, banyak fasilitas lain yang tersedia yang pada akhirnya dengan kelengkapan-kelengkapan yang dimiliki membuat Alun-Alun Tulungagung memperoleh predikat sebagai taman kota terbaik tingkat nasional tahun 2012 lalu. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya gazebo, kursi-kursi panjang, area outbond dengan pasir lautnya, permainan dakon raksasa, arena skateboard, bebatuan agak runcing yang disusun dibagian jalan tertentu di dalam alun-alun untuk terapi kesehatan tradisional, dan pagupon-pagupon yang dihuni ratusan burung merpati.
Pemandangan dekat air mancur Alun-Alun Tulungagung | by cahpulokulon.blogspot.com
Seperti umumnya taman kota di Kabupaten lain, di Alun-Alun Tulungagung ini seringkali dijadikan sebagai tempat berkumpul berbagai macam komunitas, mulai dari komunitas penggila motor, mobil, freestyler BMX, sampai komunitas pecinta reptil juga ada. Komunitas terakhir disebut, biasanya mereka ngepost di taman sebelah utara alun-alun depan pendopo Kabupaten Tulungagung. Mereka yang tergabung dalam komunitas ini berkumpul dan membawa berbagai reptil piaraan masing-masing, seperti ular, iguana, berang-berang, laba-laba dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi pengunjung yang ingin berfoto-foto dengan para reptil ini, tinggal izin dan minta dampingan dari pemiliknya, pengunjung dapat berfoto dengan reptil berbahaya ini tanpa dipungut biaya.

Berkunjung ke Alun-Alun Tulungagung merupakan cara yang cukup sederhana untuk membantu mengendurkan saraf otak setelah begitu padat bergelut dengan aktifitas masing-masing. Maka tidak mengherankan, pengunjung terdiri dari berbagai usia dan kalangan. Karyawan atau pegawai yang seharian bekerja, pelajar dan mahasiswa dengan tugas seabrek yang membuat kepala pening, para orang tua yang anaknya rewel meminta jalan-jalan, masyarakat yang butuh suasana damai dan santai, dapat menjadikan Alun-Alun Tulungagung sebagai alternatif destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi.
(Sumber : http://www.infotrenggalek.com)

Post a Comment

Powered by Blogger.