Pesona Pacitan Dari Negeri Atas Awan, Puncak Gunung Lanang




Sindopos.com - Menikmati Indahnya Pacitan  dari Puncak Gunung Lanang. Pacitan terkenal karena wisata alamnya terutama gua dan pantai.  Tetapi ada hal lain yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan alam Pacitan, yaitu mendaki gunung. Gunung di Pacitan hanya berupa gunung-gunung kecil dan tidak begitu tinggi. Tetapi walaupun begitu ada beberapa diantaranya yang menawarkan sensasi tersendiri karena panoramanya yang sangat indah. Salah satunya adalah Gunung Lanang, gunung yang menawarkan  panorama Kota Pacitan yang berlatar Pantai Laut Selatan.
Gunung Lanang yang terletak di Desa Punjung Kecamatan Kebonagung Pacitan dan bisa diakses baik dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Gunung Lanang hanya sekitar 20 Km dari pusat Kota Pacitan atau hanya menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Dari Kota Pacitan kita menuju jalur Pantulor (Pacitan-Tulakan-Lorok). Panorama yang ditawarkannya sangat luar biasa.. Pada pagi hari kita dapat melihat indahnya matahari terbit (sun rise) sedangkan pada sore hari kita dapat melihat keindahnya matahari terbenam (sun set). Oleh karena itu tempat ini sangat bagus untuk tempat wisata baik secara individu, kelompok maupun keluarga.

Selain sebagai tempat wisata, Gunung Lanang juga digunakan sebagai tepat outbond, pendakian, dan camping oleh anak - anak pramuka. Ada beberapa lokasi yang  bisa dipakai untuk mendirikan tenda. Hanya saja karena lokasi punggungan gunung ini sangat terbuka dan minim pelindung, sehingga anginnya sangat kencang. Jika bermalam di Gunung Lanang lebih baik menggunakan bivak yang bisa dibuat berlindung disamping bebatuan yang ada di kawasan tersebut. Tetapi jika terpaksa memakai tenda, pastikan memakai tenda yang kuat. Tenda dome model kubah yang rendah lebih cocok karena lebih minimal dalam menangkap aliran angin. Pastikan juga untuk menguatkan tenda dengan pasak dan tali serta perhitungkan pula arah angin. Dan yang tak kalah penting kita harus menjaga kelestarian lingkungan tersebut agar tetap indah.
Nah tunggu apalagi ,Habiskan hari liburmu di Pacitan.(sh).
 

 


 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form