Kegiatan Nelayan di Pantai Sidem Tulungagung | foto by initempatwisata.com
Info Trenggalek - Pantai Sidem adalah salah satu pantai di kawasan pesisir selatan yang begitu familier bagi kalangan masyarakat Tulungagung dan Trenggalek. Hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai menjadi daya tarik tersendiri Pantai Sidem dalam memikat wisatawan untuk singgah menikmati suguhan alam di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung ini.

Pantai Sidem Tulungagung sesungguhnya bisa dikatakan satu paket dengan kawasan wisata Pantai Popoh, karena lokasi antara keduanya sangat berdekatan, hanya dipisahkan dengan adanya tebing dan bebatuan karang antara keduanya. Di dalam kawasan Pantai Sidem, Anda dapat menikmati keindahan alam pantai dengan segala komposisi-komposisi elok yang membuat hati dan fikiran menjadi tenang. Kawasan yang pernah menjadi penyelamat Kabupaten Tulungagung dari bencana banjir, terdapat sebuah pemandangan yang unik, yaitu pemandangan bertemunya dua jenis air, yaitu air sungai dan air laut yang saling bergemuruh mengisi ruang pertemuan materi tersebut.

Selain itu, Pantai Sidem Tulungagung akan semakin nampak keindahannya ketika Anda melihat ke arah laut lepas dan hamparan pegunungan yang mengelilinginya. Tentu dengan melihat panorama yang demikian, ditambah dengan rasa syukur kita, kenikmatan akan kekayaan alam di Indonesia akan semakin terasa.

Pantai Sidem Tulungagung juga terkenal sebagai kampung nelayan. Disana terdapat pemukiman penduduk yang mayoritas menggantungkan hidup sebagai pencari ikan di laut. Sikap gotong royong masyarakat disana sangat begitu terasa ketika sudah tiba waktunya menarik perahu atau jala yang berisi ikan hasil tangkapan mereka. Masyarakat di kampung nelayan ini juga mengembangkan usaha dengan mendirikan industri-industri rumahan olahan ikan, seperti ikan asin dan terasi.
Panorama Pantai Sidem Tulungagung | foto by andikafm.com
Untuk menuju lokasi Pantai Sidem, Anda dapat memilih salah satu titik untuk mengawali perjalanan. Misalnya dari perempatan lampu merah Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Dari sini Anda lurus saja ke arah selatan sampai nanti ketemu dengan pertigaan Bandung. Kemudian anda ikuti arah jalan menuju kecamatan Besuki dengan mengambil jalur pertigaan sebelah selatan pasar Bandung Tulungagung. Ikuti saja jalur ini sampai ada pertigaan sebelah selatan SMPN Besuki, Anda belok kiri dan ikuti sampai ketemu pertigaan selanjutnya. Belok kiri Anda akan lewat jalur popoh dan belok ke kanan akan mengantarkan anda menyusuri jalan Niama tanpa biaya. Kedua jalur ini sama-sama mengantarkan Anda menuju lokasi Pantai Sidem tulungagung.

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Sidem, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk apabila menggunakan alat transportasi roda dua dengan melewati jalur Niama. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda empat, Anda diharuskan lewat melalui jalur yang searah dengan Pantai Popoh dengan tarif masuk kisaran Rp. 7000.

Sekian informasi kami mengenai Pantai Sidem Tulungagung, semoga dapat menambah inspirasi Anda untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Post a Comment

Powered by Blogger.