Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Pagi

Berita terkini seputar insentif guru non PNS kembali kami perbaharui dan kami bagikan secara terupdate kepada seluruh rekan pengunjung setia pelitapost.com yang berbahagia.


Data dari Sistem Informasi Manajemen (SIM) rasio guru dan siswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyebutkan jumlah guru untuk Sekolah Dasar (SD) di Indonesia melebihi dari jumlah guru yang dibutuhkan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Supranata atau yang akrab disapa Pranata menyebutkan, secara nasional jumlah guru di Indonesia sudah melebihi dari jumlah kebutuhan guru di Indonesia. Ia menyebutkan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2008 perbandingan guru dan siswa untuk Taman Kanak-Kanak (TK) 1 berbanding 15, Sekolah Dasar (SD) 1 berbanding 20, Sekolah Menengah Pertama satu berbanding 25.

”Dengan ketentuan inilah, kami bekerja,” ujar Pranata kepada wartawan di kantor Kemdikbud di Jakarta, Senin (14/3). Kebutuhan guru nasional untuk SD, diungkapkan Pranata sebanyak 1.008.034 guru. Sementara jumlah guru SD yang ada sebanyak 1.167.356 orang. Secara fakta, menurut Pranata secara nasional Indonesia tidak kekurangan guru. Malah, sebaliknya kelebihan guru hingga 159 ribu guru.

Lebih jauh, Pranata mengungkapkan, jumlah guru Pegawai Negeri Si pil (PNS) yang mengantongi ijasah S1 sebanyak 590.234, sementara yang tidak mengantongi ijasah S1 sebanyak 194314 orang. Untuk guru honor daerah (Honda) yang mengantongi S1 sebanyak 40.073 orang dan honda tidak mengantongi S1 sebanyak 26.246 orang. Se mentara untuk guru honor lain yang mengantongi S1 sebanyak 18.4317 orang.

”Jadi ketika terjadi kasus pemberhentian guru, itu kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) dan sekolah. Bukan otoritas Kemdikbud,” tegasnya. Pranata menyebutkan, jumlah kebu tuhan guru di daerah di antaranya: Nusa Tenggara Timur (NTT) 23 ribu orang, sementara jumlah guru yang ada sebanyak 28 ribu. Sulawesi Se latan (Sulsel) kebutuhan guru seba nyak 45 ribu orang dengan jumlah guru yang ada 54 ribu orang.

Selanjut nya, kebutuhan guru Bali sebanyak 16 ribu orang, sementara jumlah guru yang ada sebanyak 17 ribu orang. ”Untuk mengatasinya kelebihan guru harus dipindahkan dari satu sekolah ke sekolah lain terutama yang kekurangan guru. Dan kami sudah berlakukan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri,” katanya.

Demikian berita seputar pencairan insentif guru non PNS yang dapa pelitapost.com bagikan, semoga bermanfaat.
Untuk info terbaru lainya, silakan kunjungi laman DISINI

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini