Sindopos.com - Hari ini Presiden Joko Widodo Bersama Menteri Tinjau Pembangunan Waduk Jati Gede.
waduk_jati_gede_jabar
Infografi Waduk Jati Gede Provinsi Jawa Barat
Secara geofrafis, Waduk Jatigede terletah di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Area genangan Waduk Jatigede meliputi 28 desa di Kecamatan Darmaraja, Wado, Jatigede dan Jatinunggal yang dihuni oleh sedikitnya 10.920 kepala keluarga.‎ air dari Waduk Jatigede juga akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air berdaya 110 megawatt yang saat ini tengan dibangun PLTA-nya oleh PT PLN (Persero). 

Waduk kedua terbesar di Indonesia ini mulai diisi air pada 31 Agustus 2015 lalu. Hingga kini, proses pengisian air baru mencapai 14 persen, atau sekitar 135,5 juta meter kubik dari total 980 juta meter kubik.

Info : Isi Naskah Lengkap Pidato Presiden RI Jokowi pada KTT OKI - di JKT 7 Maret16

Waduk ini mulai dinisiasi pembangunannya di era tahun 1960-an. Beberapa kali pemerintahan berganti, waduk kedua terbesar di RI itu tak juga rampung. Bahkan, warga setempat yang kala itu sudah diberi uang santuan untuk ganti rugi lahan, kemudian kembali lagi ke area genangan, karena proyek tak kunjung selesai dan diairi.

Hari ini (17/03/2016)Presiden RI Ke 7 Joko Widodo didampingi beberapa menteri dan sekretaris Kabinet  akan mengunjungi lokasi waduk Jati Gede. Dari tinjauan ini diharapkan waduk Jati Gede segera dapat difungsikan untuk kesejahteraan masyarakat. Yang sudah memastikan hadir juga pada kunjungan presiden adalah :
Baca Juga : Forum Pendamping Profesional Desa Surati Presiden Jokowi Terkait Masalah Dana Desa.
Waduk ini juga akan memasok air bersih bagi warga sekitar dengan kapasitas hingga 3.500 meter kubik per detik. Selain itu, waduk ini juga akan meredam terjadinya banjir bagi 14.000 hektare kawasan di Jawa barat.

Post a Comment

Powered by Blogger.