Sindopos.com - Profil Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur

 
Profil Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur
Profil Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur

 

Kecamatan Sudimoro merupakan salah satu dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan terletak paling timur Ibu Kota Kabupaten Pacitan, secara administratif Kecamatan Sudimoro terdiri dari 10 Desa, 60 Dusun, 141 RW dan 366 RT  dengan batas-batas sebagai berikut :

- Sebelah barat       : Kecamatan Ngadirojo

- Sebelah Timur      : Kabupaten Trenggalek

- Sebelas Selatan    : Samudra Indonesia

- Sebelah Utara       : Kabupaten Ponorogo

Kecamatan Sudimoro terbagi menjadi 10 Desa yaitu :

    1.   Desa Pagerkidul
    2.   Desa Pagerlor
    3.   Desa Sukorejo
    4.   Desa Sudimoro
    5.   Desa Ketanggung
    6.   Desa Klepu
    7.   Desa Sembowo
    8.   Desa Karangmulyo
    9.   Desa Gunungrejo
    10. Desa Sumberejo

Kondisi demografi Kecamatan Sudimoro antara lain Jumlah Penduduk 35.488 jiwa, terdiri dari Laki-laki : 17.749 jiwa dan Perempuan 17.739 jiwa.

Mata pencaharian penduduk: mata pencaharian merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Seperti di kecamatan Sudimoro, kab. pacitan, penduduknya mayoritas petani cengkeh, pedagang, PNS, peternak. dalam hal peternak, pada umumnya peternakan penduduk sudimoro beruppa pekerjaan sampingan. Hal tersebut malah lebih mempunyai pengaruh yang positif.

Wilayah sudimoro sendiri berupa daerah pegunungan, yang beribukota kecamatan dahulu kala berada di desa sudimoro. namun sekarang berpindah di desa Sukorejo, yang berdekatan dengan PLTU yaitu yang merupakan pembangkit listrik tenaga Uap yang berada di kab. Pacitan. dengan keindahannya jika dilihat dari puncak gunung (Cagak Telu), jalan menuju lokasi PLTU.

Wilayah Kecamatan Sudimoro banyak menyimpan potensi alam, pertanian, perkebunan, kelautan dan Wisata Budaya serta Wisata Alam antara lain Pantai teluk Bawur, Pantai Kunir, yang berada di desa Pager Kidul, PLTU Bawur yang selama belum dikelola secara optimal, maka perlu keterlibatan dari berbagai pihak dalam mengembangkan dan memaksimalkan potensi pariwisata untuk kemakmuran rakyat. Pembangunan sarana dan prasarana pariwisata yang ada di wilayah kecamatan Sudimoro akan bisa menjadi motivasi semangat masyarakat Kecamatan Sudimoro untuk terus meningkatkan kreatifitan dengan memaksimalkan potensi wilayah.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini