Sindopos.com - Profil Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

 
Profil Desa & Kelurahan, Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo
Profil Desa & Kelurahan, Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

 

Kondisi Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo


Sejarah Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Asal – Usul Desa

Berdasarkan sumber cerita yang diperoleh dari para sesepuh dan sumber – sumber lain, asal mula terjadinya Desa Tugurejo adalah sebagai berikut :

Berawal dari zaman runtuhnya Kerajaan Majapahit dan berakhirnya pemerintahan Raja Brawijaya yang terakhir di waktu itu Kerajaan Majapahit diserang oleh Kerajaan Keling dibawah pimpinan Rajanya yang bernama WIJAYA yang merupakan keturunan JAYA KATWANG dari Kediri, Majapahit akhirnya hancur dan Wijaya bertahta dengan gelar “ BETHARA KELING GIRINDRA WARDHANA DYAH RANAWIJAYA “, kemudian Kerajaan Majapahit dipindah ke Keling.

Beliau memerintah selama 6 Tahun, kemudian Keling diserang Kerajaan Demak dan akhirnya Kerajaan Keling runtuh. GIRINDRA WARDHANA akhirnya melarikan diri sampai di wilayah Kadipaten Ponorogo bagian selatan. Beliau kemudian membangun satu daerah yang disebut PALANG ingá menjadi daerah pemukiman yang ramai dan akhirnya menjadi sebuah Desa yang bernama TUGUREJO ( Tugu berarti sebuah pemancang / palang ).

Sehingga Girindra Wardhana atau Ranawijaya di masa tuanya terkenal dengan sebutan MBAH PALANG dan akhirnya meninggal dunia dan dimakamkan di Slahung. Ingá saat ini makam beliau masih ada dan pernah dipugar oleh Kraton Surakarta bersama – sama dengan para ahli waris.

Demikian sekilas sejarah dan asal – usul  Desa Tugurejo.



Sejarah Pemerintahan Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Sejarah dari Pemerintahan Desa Tugurejo tidak bisa tercatat dengan sempurna, hal ini disebabkan oleh sumber – sumber yang didapat sangatlah terbatas. Adapun para pejabat sebagai Kepala Desa Tugurejo adalah sebagai berikut :

1    DONOKROMO    1928    -
2    PODRONO    1929 – 1941    -
3    MUSLIM    1941 – 1950    -
4    PURNOMO    1950 – 1954    -
5    DJASMIDI    1954 – 1958    -
6    LAMIDI    1958 - 1989    -
7    SUNADJI    1989 – 2002    -
8    SISWANTO    2004 - Sekarang    -



Demografi Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Jumlah Penduduk Desa Tugurejo adalah 4.912 Jiwa sesuai Dokumen Kartu Keluarga yang ada.

Melihat dari jumlah tersebut maka kedepan perlu dipikirkan pengelolaan tata ruang wilayah dan penyediaan lapangan pekerjaan yang ideal bagi selarasnya kehidupan bermasyarakat. Dengan semakin besar jumlah penduduk maka tantangan aparatur desa dalam mengelola pemerintahan desa tentunya akan semakin meningkat maka diperlukannya peningkatan pelayanan – pelayanan masyarakat melalui optimalisasi pembangunan fisik yaitu sarana transportasi seperti tersedianya jalan akses desa yang baik, polindes, saluran irigasi dan sebagainya; non fisik seperti aparatur yang berpihak pada masyarakat dan melayani dengan profesional, tenaga medis desa, penciptaan kader – kader pembangunan desa, kelompok – kelompok tani unggulan, kelompok – kelompok usahawan desa dan sebagainya. Oleh sebab itu perlunya inisiatif untuk segera mensinergikan masyarakat, pemerintah desa, swasta, asosiasi, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat dan kelompok peduli lainnya untuk mengefektifkan peningkatan sosial ekonomi masyarakat desa Tugurejo mutlak diperlukan.    


   
Keadaan Sosial Budaya Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

a.    Kondisi Sosial
    - Kelompok Tani             : ada 9 Kelompok
    - Gabungan Kelompok Tani     : ada 1 Kelompok
    - Kelompok Pengajian / Yasinan : ada 10 Kelompok
    - Kelompok Karang Taruna     : ada 3 Kelompok
    - Kelompok Lainnya         : ada Kelompok Masyarakat
                           Daerah Hutan (LMDH) 1 Kelompok    

b.    Budaya
    - Seni Karawitan             : 4 Group
    - Seni Reog Plog             : 3 Group
    - Sanggar     : 2 Group Sanggar Bermain Anak
                                                            Tani ( SBAT )        


Keadaan Ekonomi Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Desa Tugurejo terletak di Dataran Tinggi dan sebagian Desa berupa pegunungan dengan luas wilayah 953,098 Ha. Yang terdiri dari :

1. Lahan Pertanian
    - Sawah / basah            : 188,765 Ha
    - Kering                : 384,400 Ha

2. Pekarangan / Pemukiman        : 159,000 Ha

3. Hutan                : 220,933 Ha
Melihat kondisi luas Desa Tugurejo yang sebagian besar tanah sawah maka potensi yang dimiliki oleh Desa Tugurejo adalah di bidang sektor pertanian.

Disamping dibidang pertanian, masyarakat Desa Tugurejo mempunyai usaha sampingan yang dilakukan dengan sistem home industri yang terdiri dibidang usaha : Mebeler, Pembuatan Tempe dan tahu, Penjahit, Pembuatan Batu Merah, Salon Kecantikan, anyaman bambu, dan pembuatan aneka makanan kecil.
 

 

 

 

 

 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini