Sindopos.com - Profil Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

 
Profil Desa & Kelurahan, Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo
Profil Desa & Kelurahan, Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

 

Kondisi Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo


Sejarah Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

ASUL – USUL DESA TATUNG

Setiap desa atau daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang tersendiri yang merupakan pencerminan dari karakter dan pencirian khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah desa atau daerah seringkali tertuang dalam Sejarah dan dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta. Dan tidak jarang dongeng tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat. Dalam hal ini desa Tatung juga memiliki cerita asal-usul dan hal tersebut merupakan identitas dari desa Tatung yang akan kami tuangkan dalam kisah dibawah ini.

Menurut sumber cerita sesepuh desa, bahwa terjadinya Desa Tatung adalah sebagai berikut :   

Pada tahun 1885 datanglah beberapa orang pedagang  dari brayat Jawa Tengah  dia bernama Kasan Ahmad Abu. Dia datang ke kademangan Ponorogo bukan hanya berdagang  tapi juga berdakwah  menyebarkan agama islam di Ponorogo  dia juga sering berdagang ke Balong   yang pada waktu itu hanya terdiri dari beberapa desa saja. 

Dalam perjalanan ke Balong  dia sering singgah  istirahat di leren  gunung Prau .hingga  pada tahun 1890 dia membuka lahan  pertanian sekaligus  sekaligus perkampungan  bersama teman teman nya dari Brayat Jawa Tengah .satu tahun kemudian  dia memberi nama daerah itu  dengan nama desa Tatung  yang diambil dari situasi keadaan  desa itu yang selalu  tidak teratur  dengan airnya  kalau musim kemarau susah mendapatkan air kalau musim penghujan airnya tidak bisa dibuang  dengan keadan separti itu maka   waktu panen  akan TAK-TU-NGAN maka diberi nama  Desa Tatung.


Demikian kurang lebihnya cerita dari para sesepuh tentang terjadinya Desa Tatung.

Adapun para pejabat, Lurah/Kepala Desa semenjak berdirinya Desa Tatung adalah sebagai berikut :

No    NAMA    MASA JABATAN    ALAMAT
1    Begedhe  ( Anonim )    -    -
2    Demang ( Anonim )    -    -
3    Bekel  ( Anonim )    -    -
4    Lurah  ( Anonim )    -    -
5    Kromo  Dimejo ( Sarkolo )    1897 - 1917    Jl Setyaki
6    Ponjani    1917-1937    Jl Setyaki
7    Kasan Rejo ( Jaman )    1937-1988    Jl Kresna
8    Sujito    1988-1998    Jl Ontorejo
9    Mujiono    1998-sekarang    Jl Ringin Kembar



SEJARAH PEMBANGUNAN  DESA 

Pada masa lalu mengenai pembangunan desa masih banyak yang sifatnya gotong royong, dan tadisionil dalam pembangunan Desa Tatung  sejak kepemimpinan Kepala Desa Djarman budaya gotong royong masih cukup tinggi.Namun karena perkembangan jaman budaya tersebut makin pudar .Kegiatan swadaya  tenaga,uang maupun barang juga semakin sulit.Hanya hal-hal yang sifatnya baku saja  yang bisa dilaksanakan.


PEMBANGUNAN MASA KINI 

Dengan adanya warga masyarakat banyak yang sudah mengikuti pelatihan dalam bidang Pembangunan Desa ( Kader Pembangunan Desa ) yang disebut KPD, maka pembangunan masa kini di desa Tatung tidak hanya dikelola LKD, tetapi KPD juga turut serta terjun dalam Pembangunan Desa.Walaupun sifatnya hanya sebagai pembantu perencanaan dan pelaksanaannya.

Desa Tatung  pernah mendapat predikat Desa Miskin dengan mendapat dana IDT pada tahun 1996-1997 dan sampai sekarang dana tersebut masih ada dan dari sekian kelompok masyarakat miskin juga masih ada yang berkembang dan menjadi Kelompok Simpan Pinjam dan berkembang dengan baik.Pada tahun 2004 dan tahun 2009 desa Tatung mendapat dana PPK / PNPM berupa fisik gedung Polindes dan Gedung TK. Dan juga mendapat perguliran Pinjaman dari UPK.yang sampai sekarang juga bias berkembang menjadi beberapa kelompok.

 Kami sangat bersyukur bahwa setiap tahun mendapat Dana Subsidi Desa  dan untuk tahun 2007 ini nilainya bertambah dibanding dari tahun sebelumya. Dengan bantuan pemerintah tersebut  ( ADD ) pembangunan Desa semakin bertambah baik pembangunan Infrastruktur maupun non fisik dan semua itu tidak terlepas dari penunjang dari warga masyarakat yaitu swadaya berupa tenaga. Pembangunan dibidang pertanian juga semakin berkembang,utamanya telah terbentuknya Kelompok Tani di 3 Dukuh.dan satu Gapoktan Desa.Maka petani bisa terkorrdinasi baik cara berkelompok dan berbagai bidang usaha pertanian.



Demografi Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Desa Tatung  terletak di ketinggian antara 132 m dari atas permukaan laut (dpl ), dengan batas-batas wilayah sebagai berikut  :

a. Sebelah Utara        : Desa Muneng
b. Sebelah Timur        : Desa Ngampel
c. Sebelah Selatan      : Desa Purworjo
d. Sebelah Barat        : Desa Sendang
Sedangkan letak kondisi Desa Tatung adalah sebagai berikut :
    a.  Jarak dari Ibukota Kecamatan    :    3   Km
    b.  Jarak dari Ibukota Kabupaten    :  10   Km
    c.  Bentang alam            :  Dataran 


Data Kependudukan 

1.    Jumlah penduduk Desa Tatung per Juli 2008 adalah   2162   jiwa yang terdiri dari :
a.  Laki – laki        :     1077   jiwa
b.  Perempuan       :     1085   jiwa
c.  Jumlah KK       :       592       KK

Pembagian jumlah penduduk sesuai dengan Dukuh Masing-masing ;
1.    Dukuh Tatung Kidul        ( penduduk =       650    Jiwa
2.    Dukuh  Tatung Lor        ( penduduk =       770    Jiwa
3.    Dukuh  Tatung Tengah         ( penduduk =       742    Jiwa
JUMLAH                                 =     2162    Jiwa 


Kondisi Fisik Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Secara umum kondisi fisik desa Tatung memiliki kesamaan dengan desa-desa lain di wilayah Kecamatan Balong. Desa Ngraket adalah merupakan daerah dengan ketinggian tanah kurang lebih antara 132  meter dari atas permukaan laut dengan luas wilayah 115,117  Ha yang terdiri dari :

a.  Pemukiman / Pekarangan        :    25,66       Ha
b.  Sawah                 :    56, 96      Ha
c.  Ladang                :    24,50       Ha
d.  Lainnya               :       7.99      Ha
     Jumlah                :  115,117     Ha
 

 

 

 

Post a Comment

Powered by Blogger.