Panorama Pariwisata Pantai Klayar Pacitan

Sindopos.com - Panorama Pariwisata Pantai Klayar Pacitan

Panorama Pariwisata Pantai Klayar Pacitan
Panorama Pariwisata Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Anda dapat menemukan pesona dan keunikannya pada hamparan pasir yang putih, adanya karang raksasa laksana Sphinx, air mancur alami hingga setinggi 10 meter, serta bebatuan karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera.

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Pacitan Klayar merupakan destinasi wisata yang seakan tidak ada habisnya untuk di eksplorasi keindahannya. Selain Pantai Klayar, di kawasan ini bisa kita temukan pantai yang tidak kalah indahnya yaitu pantai Ngiroboyo dan Pantai Banyu Tibo yang dikenal dengan air terjunnya yang kangsung ke laut.

Secara administratif, pantai Klayar Pacitan terletak di Kecamatan Donorojo, tepatnya di Desa Sendang, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota Pacitan, pantai Klayar dapat ditempuh dengan jarak perjalanan sejauh 40 km pada arah barat Pacitan, menghabiskan waktu perjalanan selama sekitar 1 jam.

Pantai Klayar adalah salah satu pantai di Jawa Timur yang menawan. Popularitasnya memang belum setenar Goa Gong di Pacitan atau Pantai Teleng Ria. Tetapi secara umum, pantai ini sudah dikenal di kalangan masyarakat Jawa Timur sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang menarik.

Pesona panorama pantai Klayar yang menawan ini adalah sebuah hal yang layak Anda masukkan dalam rencana perjalanan Anda. Tetapi perlu diketahui bahwa akses menuju pantai ini terbilang kurang mudah. Jika Anda mengunjungi pantai Klayar Pacitan, Anda akan menjumpai sejumlah bagian jalan yang belum teraspal secara utuh serta beberapa bagiannya yang rusak.

Selain itu, Anda juga harus melewati jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun, sebuah hal yang menuntut Anda lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Tetapi setiba di pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah.

Persoalan infrastruktur wisata telah diantisipasi oleh pemerintah lokal dan dieksekusi dalam rencana pengembangan wisata Pacitan. Pembangunan pariwisata ini sungguh penting mengingat lalu lintas kunjungan para penikmat perjalanan ke pantai Klayar Pacitan menunjukkan tren yang meningkat dari waktu ke waktu.

Di hari-hari biasa, Anda mungkin hanya akan menjumpai kalangan nelayan lokal yang beraktivitas di pantai Pacitan yang satu ini. Tetapi di kala libur tiba, pantai Klayar adalah salah satu yang favorit dikunjungi wisatawan domestik, beberapa di antaranya adalah wisatawan mancanegara.



"Hal Menarik di Pantai Klayar Pacitan "

Panorama Pariwisata Pantai Klayar Pacitan
Panorama Pariwisata Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar memiliki banyak tebing dan beberapa di antaranya bolong akibat terjangan ombak, juga jejaran pohon kepala di kawasan pantai. Satu hal yang patut diingat adalah Anda tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar serta banyaknya tebing.

Di pantai Klayar, Anda dapat menjumpai sebuah hal yang unik, yakni seruling samudra. Seruling samudera ini adalah sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai. Saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela berbatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana bunyi seruling.

Sebuah hal unik lainnya adalah Anda dapat menjumpai patung yang menyerupai bentuk Sphinx sebagaimana yang ada di Mesir. Keunikan ini terbentuk akibat banyaknya tebing-tebing tinggi di kawasan pantai Klayar yang jika dilihat dari kejauhan, menyuguhkan pemandangan laksana patung Sphinx. Anda tentu saja dapat menaiki tebing ini, tetapi sudah sepatutnya menjaga kehati-hatian untuk keselamatan mengingat tebing ini tergolong curam dan tinggi.

Jika Anda melayangkan pandangan ke arah barat dari pantai Klayar, terdapat sebuah tebing karang yang lebih besar dan menjulang dengan ketinggian mencapai hingga 50 meter. Tebing karang ini merupakan salah satu gugusan karang yang ada di kawasan wisata pantai Klayar Pacitan. Pemandangan eksotis dapat Anda bayangkan laksana tempat bersandarnya kapal Nabi Nuh.

Di pantai Klayar, Anda dapat menyaksikan fenomena di mana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menciptakan air mancur yang bahkan tingginya mencapai 10 meter. Pemandangan indah ini adalah akibat semburan kencang air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.

Anda juga dapat menyaksikan beberapa warga lokal memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan. Air ini selanjutnya akan digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan gula jawa. Air yang memiliki rasa manis ini disebut “legen”, Anda dapat mencicipinya di pantai Klayar.

Di kala senja tiba, sunset di pantai Klayar Pacitan adalah salah satu yang menawan. Sejauh mata memandang horizon, Anda akan mendapati suguhan panorama pantai yang indah dengan nuansa alami yang begitu kental.

Post a Comment

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Bagi yang ingin mencari oleh - oleh khas pacitan. Silahkan datang di Pusat Oleh - Oleh Khas Pacitan Putra Samudra.

    kunjungi Pusat Oleh - Oleh Khas

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form