Kampung Coklat Blitar
Info Trenggalek - Kali ini Info Trenggalek akan mengajak para pembaca untuk menikmati sebuah destinasi wisata yang sedang booming di Blitar. Apa sih yang yang terlintas di pikiran kita apabila berwisata ke kota Blitar? Ziarah ke makam Bung Karno? Mengeksplorasi Candi Penataran? Berenang di pemandian Sumber Udel atau menikmati keindahan Pantai Jalasutra? Tidak sob, itu sudah terlalu mainstream. Berbicara tentang wisata di Blitar tentunya sangat banyak, salah satunya yaitu Kampung Coklat Blitar atau biasa disebut dengan Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar.

Kampung Coklat Blitar
Kampung Coklat Blitar ini terletak di Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Tentunya sangat mudah untuk menjangkaunya, jika dari pusat kota Blitar kita tinggal ikuti jalan kota yang menuju ke arah Kademangan. Sampai menemukan jembatan Kademangan belok kiri, kemudian lurus saja sampai kita ketemu Pasar Kademangan. Dari pasar tersebut kita masih lurus saja sampai perempatan menuju ke arah Lodoyo ( Gunung Betet). Nah, dari sini belok kiri dan ikuti jalan lurus kurang lebih 3 km. Letak Kampung Coklat Blitar ada di sebelah utara jalan atau sisi kiri jalan, dekat dengan perbatasan Desa Plosorejo dengan Desa Darungan.
Kampung Coklat Blitar
Untuk menikmati wisata Edukatif Kampung Coklat Blitar ini tidak perlu khawatir urusan biayanya sob, disini sudah disediakan 2 paket wisata yang bisa kita pilih yaitu Paket Wisata Pelajar dan Paket Keluarga, untuk tiket masuk hanya membayar  Rp. 5000 saja per orang dan nanti ada guide (pemandu) yang akan memandu kita  mengelilingi Kampung Coklat. Terdapat lima area yang dapat kita eksplorasi di Kampung Coklat Blitar yaitu Area Pembibitan Kakao, Kebun Kakao, Pengeringan Kakao, Pengolahan Kakao dan Pengemasan Coklat. Di area perkebunan kakau kita bisa menengok deretan pohon kakao atau kop yang tumbuh rindang dengan buahnya yang berwarna kuning, hijau dan merah.

Kampung Coklat Blitar
Kampung Coklat Blitar
Di area kebun Kampung Coklat Blitar ini oleh pengelola memang sengaja disediakan meja dan kursi untuk para pengunjung yang beristirahat. Diseberang kebun kakao kita bisa melihat area pengeringan biji-biji kakao. Cara pengeringannya dengan metode  alami, yaitu dengan cara dijemur dibawah terik matahari selama 5-7 hari. Biji kakao baru siap diolah jika kadar airnya tinggal 6%, dan untuk mengukur kadar air digunakan alat khusus yang bernama aqua boy. Setelah itu biji kako disortir dengan menggunakan mesin grader atau sortasi. Di sebelah tempat penjemuran kakao ada ruang pengolahan kakao disini kita dapat bertemu chef yang bertugas mengolah kakao menjadi coklat dan disebelahnya lagi ada ruang pengemasan hasil olahan coklat. Mulai dari coklat batangan hingga permen coklat dari berbagai bentuk. Jika kita ingin membeli produk-produk olahan kakao di Kampung Coklat Blitar maka kita bisa membelinya di Galery Kampung Coklat Blitar.

Kalau berkunjung ke wisata Blitar, jangan lupa mampir ke Kampung Coklat Blitar ya sob. Dijamin tidak akan rugi datang kesini, selain dapat coklat, tentunya dapat ilmu bagaimana proses pembuatan kakao sampai menjadi coklat yang sering kita nikmati ini. Sekian dari Info Trenggalek, nantikan artikel-artikel yang menarik lainnya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Powered by Blogger.