Air Terjun Lawean Tulungagung
Info Trenggalek - Berbicara soal wisata di Tulungagung, ada salah satu wisata yang harus kalian coba sebagai destinasi wisata baru sob, yaitu Air Terjun Lawean Tulungagung, Air Terjun Lawean ini merupakan salah satu air terjun yang ada di lereng gunung wilis pada ketinggian kurang lebih 1200 m di atas permukaan laut dan air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 m berteras dan bercabang  yang masih bersih dan tentunya masih alami.

Lokasi Air Terjun Lawean terletak di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang, 25 km arah barat daya Kota Tulungagung. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini kalian harus menyusuri jalan makadam yang cukup terjal, menanjak, berbatu, naik turun dengan naik kendaraan bermotor, kemudian kalian harus berjalan kaki menyusuri hutan belantara sekitar 3 km.

Meskipun jalannya menuju ke arah Air Terjun Lawean Tulungagung ini agak susah. Tetapi tenang sob, di sekitar perjalanan kalian akan dimanjakan dengan pepohonan hijau yang masih diselimuti lumut-lumut, sungai-sungai kecil yang bersumber dari air terjun lawean ini sebanyak 9 kali. Jika perjalanan kalian tempuh  dengan jalan kaki maka dibutuhkan waktu kira-kira sekitar 2 jam untuk sampai di lokasi.
Air Terjun Lawean
Selain itu, tidak jauh dari Air Terjun Lawean Tulungagung terdapat Air Terjun Pandan Wangi. Ketinggian air terjun tersebut kurang lebih sekitar 30 meter yang berada satu wilayah dengan perkebunan Teh Sumber Pandan di Desa Ngelurup. Akses menuju Air Terjun Pandan Wangi termasuk curam, maka wisatawan memanfaatkannya untuk wisata pendakian. Tidak jauh dari Air Terjun Lawean, juga terdapat Candi Penampehan yang terletak di desa Geger Kecamatan Sendang.

Untuk menuju Candi dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Bangunan candi ini dilindungi pohon Kalpataru purba. Lempengan prasasti Raja Balitung pada Abad ke IX itu dilengkapi dengan prasasti-prasasti lainnya, seperti prasasti Kili Suci, Asmoro Bangun, Patung Padi, Tirta Amerta dan juga adanya sebuah goa yang disebut Goa Tan Tek Sun.

Lelah, letih, lesu seolah terbayar oleh eksotika Air Terjun dan tempat wisata yang berdekatan  yang menyajikan segala pesona keindahan khas gunung wilis. Hehijauan pohon  yang sejuk dan rindang merupakan pemandangan yang kental di sekitar Air Terjun Lawean. Suasana yang hening, sepi, dan jauh dari keramaian kota menambah suasana semakin berkesan. Bagaimana sob? Penasaran dengan tempat wisata ini? Yuk kunjungi Air Terjun Lawean Tulungagung, jangan lupa ajak orang-orang terdekat kalian untuk menikmati salah satu ciptaan Tuhan yang begitu indah ini sob.

Post a Comment

Powered by Blogger.