Sindopos.com - Apresiasi  Google Doodle Hari Ini Untuk Merayakan ulang tahun Hidetsugu Yagi yang ke-130.

google_doodle_28-01-2015
Apresiasi Google Doodle Merayakan ulang tahun Hidetsugu Yagi yang ke-130

Kamu yang suka sekali menonton televisi atau mendengarkan radio tentunya akan sangat berterima kasih kepada pria penemu antena Yagi ini. Ya, berkat Hidetsugu Yagi lah kita dapat melihat gambar di televisi dan mendengarkan suara penyiar radio dengan jelas. Untuk penemuannya tersebutlah Google ingin berterimakasih pada pria yang wafat pada 19 Januari 1976 itu. “Karena antena Yagi, radio dan televisi bisa mendapatkan sinyal lebih kuat dari arah tertentu, yang menolong menghindari gangguan dari sinyal sekitarnya,” terang Google.

Siapakah Hidetsugu Yagi atau Hidesubs Yagi, Google Doodle seperti biasa kerap memperkenalkan pada kita para penemu atau orang hebat namun namanya masing lumayan asing untuk di dengar. Dengan cara mengadakan perayaan hari ultahnya Google menghormati serta mengapresiasi mereka. untuk kali ini Google Doodle memperkenalkan seorang insinyur listrik yang  berasal dari Jepang.

Hidetsugi Yagi lahir pada 28 Januari 1886, dan wafat pada tenggal 19 Januari 1976. Ketika bekerja di Universitas Tohoku, Hidetsugu Yagi menulis beberapa artikel yang memperkenalkan desain antena baru dengan rekannya Shintaro Uda ke seluruh dunia dengan berbahasa Inggris.

Berkat jasanya kepada kehidupan manusia Google, hari ini kembali memberikan apresiasi kepada Hidetsugu Yagi dengan mengangkat sosoknya sebagai Google Doodle. 28 Januari adalah hari yang istimewa untuk insinyur listrik asal Jepang tersebut, pasalnya tepat di hari ini Hidetsugu Yagi berulang tahun yang ke-130.

Yagi bersama-sama temannya Shintaro Uda mengembangkan serta memasarkan sebuah teknologi untuk antena ini bersama-sama. Penemuan orang-orang ini sudah dipatenkan di tahun 1926 dan dipakai hingga sekarang ini untuk jutaan rumah di berbagai negara untuk menerima sinyal radio dan televisi. Bila Anda menyaksikan di luar, Anda mungkin bisa menyaksikan satu atau dua dari kanan ini di lingkungan Anda – bahkan mungkin di atap Anda sendiri, ada antenanya untuk menangkap sinyal.

Penemu Antena Yagi, Hidetsugu Yagi
Penemu Antena Yagi, Hidetsugu Yagi 

Dilansir wikipedia Yagi bekerja di Universitas Tohoku, dia menulis sejumlah artikel yang memperkenalkan model antena anyar dengan temannya Shintaro Uda ke dunia berbahasa Inggris. Antena Yagi, memungkinkan adanya komunikasi terarah memakai gelombang elektromagnetik. sedangkan di tahun 1942, ia menjadi Direktur Fakultas Ilmu Industri Universitas Tokyo. sementara di 1944 ia jadi Direktur Jenderal Institut Teknologi, dan di 1946 juga Direktur Jenderal Osaka Imperial University. Ia banyak menyabet banyak gelar yang diberikan padanya. Ini dia beberapa penghargaannya, diantaranya Penghargaan terkemuka Blue Ribbon Award (1951), Order of Merit Budaya (1956) dan besar Asahi Award dari Kelas Pertama (1976).

Post a Comment

Powered by Blogger.