Sindopos.com - Pacitan - Media Warga (citizen journalism) adalah aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa (bukan wartawan).
Pelatihan_media_warga_citizen_Jurnalism
Pelatihan Dan Motivasi Media Warga (Citizen Journalism sindopos.com

Bertempat di Balai Pendidikan Desa Tanjungsari Kecamatan Pacitan. PNPM Perkotaan Gelar Pelatihan Media Untuk Warga. Dengan adanya Media Warga ini diharapkan nantinya warga biasa (bukan wartawan) mampu melakukan aktivitas jurnalistik. onsep citizen journalism didasarkan warga masyarakat (public citizens) yang berperan aktif dalam proses pengumpulan, pelaporan, analisis, dan menyebarkan berita dan informasi.

Pelatihan yang diikuti oleh relawan dari masing - masing desa Se Kecamatan Pacitan. Dari pelatihan kali ini diharapkan nantinya diharapkan dari setiap desa bisa mengimplementasikan pembuatan media warga yang mana bertujuan agar informasi setiap kegiatan PNPM, Kegiatan Desa, Serta kegiatan - kegiatan lainnya bisa tersampaikan dan terinformasikan kepada Masyarakat.

Narasumber Pelatihan ini adalah praktisi dan pelaku Citizen Journalism. Narasumber (Agus HAriyanto) merupakan pemarkarsa dan sekaligus kontributor beberapa media - media warga yang berbentuk media cetak, audio, audio visual. Salah satu dari media warga yang dikelola adalah www,sindopos.com, www.topinfo.xyz. Selain itu narasumber pelatihan Media Warga Agus Hariyanto juga memperkenalkan media - media warga yang berbentuk digital baik yang dikelola dalam bentuk video (www.youtube.com) forum forum media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Dll.

Sementara itu dilain kesempatan Purwati Selaku fasilitator PNPM - Perkotaan (P2KP) memaparkan terkait pentingnya media bagi warga sebagai sarana penyebaran informasi terkait kegiatan - kegiatan program yang selama ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
Pelatihan_media_warga_citizen_Jurnalism
Susasana Pelatihan Media Warga

Lebih lanjut, Kata dia, pembuatan media warga sangat penting dilakukan oleh para pelaku Program Pemerintah seperti PNPM yang ada di tiap Desa atau BKM, pasalnya dengan mempunyai media warga berbagai macam informasi tentang kegiatan Desa secara cepat dan akan secara mudah dapat di akses masyarakat. Apalagi dengan adanya UU No 6 Tahun 2014 dimana proses desentralisasi yang diiringi kucuran dana besar yang menuntut adanya trasnparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran.
Pelatihan_media_warga_citizen_Jurnalism


Dengan adanya media warga maka proses distribusi informasi akan semakin mudah dan cepat. Jika informasinya tersampaikan dengan mudah, dan dapat dicerna baik oleh masyarakat, maka program pun akan berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber dalam membentuk media warga. Materi utama yang diberikan adalah Dasar - dasar Jurnalisme Warga. Dari dasar keterampilan menulis berita ini nanti berkembang dengan kemampuan menulis karya jurnalistik lainnya, seperi feature, artikel opini, foto jurnalistik, lalu jurnalistik penyiaran (broadcast journalism alias jurnalistik radio dan televisi).

Jurnalis warga, dengan demikian, mesti mengusai ilmu jurnalistik dasar ini (penulisan berita), meliputi, antara lain:
1. Pengertian berita
2. Nilai berita (news values)
3. Unsur-Unsur Berita (5W+1H)
4. Struktur naskah berita
5. Bahasa Jurnalistik/Bahasa Media
6. Etika penulisan berita (kode etik jurnalistik).

Materi diatas diberikan karena Jurnalistik adalah proses penulisan dan penyebarluasan berita (news). Karenanya, dasar pengetahuan dan keterampilan (knowledge and skill) jurnalisme warga adalah pemahaman dan kemahiran menulis berita.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini