Sindopos.com - Berawal Dari Menabung, Ibu - Ibu RTM Di Desa Jeruk Kecamatan Bandar Mampu Membentuk Lembaga Keuangan Mikro.

Fasilitasi KPMD membuat Pembukuan Kelompok
Fasilitasi KPMD membuat Pembukuan Kelompok

Meskipun hanya dimulai dari 1000 - 200 rupiah yang mereka tabung akan tetapi karena dilakukan secara kontinyu dan dan rutin akhirnya merekapun memetik buah dari kesabaran dan keuletan mereka dalam berkelompok dengan menabung sebagai kegiatan rutinnya. Dengan kesadaran menabung yang terbangun pada setiap individu kelompok saat ini sejumlah 33 Kelompok di Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan rata - rata sudah memiliki tabungan antara 2.000.000 samapai 10.000.000 per kelompok. 

Gerakan pemberdayaan masyarakat ini dimulai dengan gerakan menabung dari setiap anggotanya untuk kemudian dari hasil tabungan bersama itu digulirkan kepada anggota kelompok. Hasilnya luar biasa meskipun dari setiap anggota hanya diwajibkan untuk menabung Rp. 2.000 disetiap pertemuan mingguannya, ternyata dana yang terkumpul bisa mencapai Rp. 2.000.000 per minggu nya. tidak sampai disana dana ini terus berkembang baik dari uang tabungan maupun jasa dari dana yang digulirkan. Dari hal kecil ini tidak dimungkinkan akan menjadikan adanya Bank - Bank microfinance di setiap dusun dan kelompok yang ada. Hal ini merupakan bagian dari gerakan menabung yang difasilitasi oleh Program Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (PKKPM).

Selain gerakan menabung ini, kelompok RTM ini juga diajak belajar bagaimana mengelola administrasi simpan pinjam. Yang membuat luar biasa disini adalah kelompok RTM yang rata - rata berpendidikan SD, SMP ini mampu mengelola administrasi simpan pinjam nya dengan menggunakan standar akuntansi seperti layaknya lembaga perbankan. Kelompok RTM ini ternyata mampu mengelola Simpan Pinjam nya dengan model pembukuan pencatatn Double Entry (Double Account) dimana mereka secara bertahap menyusun laporan keuangan kelompok berupa Neraca Keuangan dan Neraca Rugi Laba.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini