Info Trenggalek – Selamat Siang sahabat, pada kesempatan kali ini Info Trenggalek akan berbagi kepada pembaca tentang salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah Kabupaten Trenggalek. Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Prigi, tentunya anda pernah mendengarnya. Apalagi Pantai Prigi sudah beberapa kali menjadi objek wisata yang diliput oleh acara tv nasional sebagai referensi dalam acara traveler mereka. Maka tidak jarang banyak orang yang sudah pernah mendengar meskipun belum pernah berkunjung ke Pantai Prigi.
Pantai Prigi tampak dari arah barat
Letak Pantai Prigi ini berjarak 186 km dari Ibukota Provinsi Surabaya dan jika dari kota Tulungagung berjarak sekitar 40 km. Pantai yang menawarkan sejuta keindahan ini lebih tepatnya terletak di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo. Apabila anda ingin berkunjung ke sana dan berangkat dari Kota Trenggalek, maka anda harus menempuh jarak lebih jauh dibandingkan dari Kota Tulungagung, yaitu sekitar 48 km ke arah selatan. Lumayan jauh juga jarak tempuh ini, namun lelah anda dalam perjalanan akan terbayar jika anda sudah sampai di Pantai Prigi. Jalan utama menuju prigi juga sudah beraspal. Jadi anda tidak perlu khawatir.
Pantai Prigi dari arah timur
Pantai Prigi memiliki fungsi lain disamping sebagai objek wisata, PPI atau Pelabuhan Penangkapan Ikan terbesar di Indonesia juga menjadikan pantai prigi ini sebagai salah satu lokasinya di kawasan pantai selatan pulau jawa. Ketika anda berkunjung ke sana, anda akan disuguhi sebuah bukit berwarna hijau di seberang teluk yang menghalangi deburan ombak dari selatan. Seperti yang umumnya anda lihat di televisi yang menyajikan acara wisata, terlihat pantai yang membentang indah, pemandangan yang anda lihat di televisi, pemandangan semacam itu bisa anda nikmati di kawasan objek wisata kebanggaan warga Trenggalek ini.

Pasir Putih atau pasput, sebuah istilah lain yang diberikan oleh masyarakat Trenggalek dan sekitarnya untuk menggambarkan Pantai Prigi. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih, mungkin inilah yang kemudian membuat masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah pasir putih atau pasput.

Kalau berbicara tentang jalur menuju lokasi wisata Pantai Prigi, ada 2 jalur yang bisa anda tempuh yaitu, jalur utara dan jalur selatan. Kalau memakai jalur utara anda melewati jalan Tulungagung ke arah Trenggalek, sampai anda bertemu perempatan lampu merah Kecamatan Durenan (bangjo durenan) belok ke arah selatan (Bandung – Tulungagung). Setelah sampai perempatan Bandung – Tulungagung anda belok ke arah Barat dan ikuti saja jalannya, anda akan sampai di Pantai Prigi. Sedangkan untuk jalur selatan, bisa anda mulai dari Tulungagung ke arah selatan menuju ke kecamatan Boyolangu dan Campurdarat, dan nanti anda akan sampai di perempatan lampu merah Bandung. Disinilah titik temu antara dua jalur ini. tinggal anda melanjutkan perjalanan dari Kecamatan Bandung ke arah Pantai Prigi.
Pantai Prigi dari arah barat
Untuk bisa masuk ke objek wisata Pantai Prigi anda diharuskan membanyar tiket masuk sebesar Rp. 7000. Cukup murah bukan?. Banyak hal yang bisa anda lakukan setelah sampai di sana. Lokasi yang menyuguhkan pemandangan indah, pasir yang bersih, masyarakat yang ramah dapat menunjang anda dalam melakukan berbagai aktifitas yang menyenangkan dan menarik. Umumnya pantai sebelah selatan pulau jawa memiliki ombak yang lumayan besar, akan tetapi di Pantai Prigi terasa berbeda dari pada umumnya. Ombak di sini relatif lebih kecil, hal ini disebabkan banyaknya perbukitan-perbukitan di sisi pantai. Maka anda yang suka berenang dapat menikmati deburan ombak di pantai ini dengan aman. Atau bisa juga anda menyewa perahu yang dijadikan wahana dengan biaya Rp. 100.000 untuk 1 perahu yang bisa mengangkut 10 penumpang.

Setelah lelah bermain-main dan bersenang-senang di pantai, anda bisa istirahat di warung-warung yang berjejer rapi di pinggiran jalan utara pantai sambil menikmati makanan-makanan khas Trenggalek yang dijajakan para pedagang. Tidak hanya warung makanan saja, disana juga terdapat toko-toko yang menawarkan hasil kerajinan tangan sebagai cinderamata dari Pantai Prigi, selain itu Pantai Prigi juga memiliki fasilitas berupa auditorium, hotel sampai bumi perkemahan.
 

Itulah sedikit informasi kepada pembaca tentang Pantai Prigi Kabupaten Trenggalek. Semoga bermanfaat. Dan di kesempatan lain akan kami bagikan informasi tentang destinasi-destinasi wisata lain di kawasan Kabupaten Trenggalek.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini