Sindopos.com - Tips Menaikkan SERP Pada Google Search Engine.

A to Z Pembahasan SEO Blogging Untuk Menaikkan Page Rank

Kita tahu untuk mencapai halaman pertama dan bahkan peringkat pertama di halaman Google dibutuhkan sebuah tehnik yang disebut dengan SEO. SEO membantu website kita untuk bisa mudah ditemukan dan selalu dicari oleh pengunjung. SEO jugalah yang membuat banyak website jual beli dan jasa sukses di bidang online. Tapi itu semua tidak lepas dari segala kebutuhan dan keharusan yang wajib dipenuhi. Tujuannya agar SEO website kita bisa bekerja maksimal. Nah apa saja sebenarnya kebutuhan SEO itu? Berikut ini kami uraikan A – Z dari seluruh kebutuhan SEO:

A – Algorithm

Search engine yang kita tahu selama ini menggunakan sebuah algoritma yang cukup kompleks untuk dapat menentukan situs man ayang masuk dalam peringkat. Google bahkan menggunakan lebih dari 200 faktor ketika mereka ingin meningkatkan peringkat situs. Dan ini membuat siapa saja sulit menebak – nebak bagaimana persisnya algoritma yang bekerja pada Google.

B – Backlink

Backlink adalah link yang menuju ke halaman situs Anda dari halaman website yang lain. Sebagian besar dari algoritma yang digunakan mesin pencari akan memperhitungkan adanya atau bahkan banyaknya backlink ke website Anda. Search engine akan mempertimbangkan kualitas dan kuantitas backlink ketika ingin meningkatkan peringkat sebuah website. Ini membuat Anad harus menarik link yang berkualitas tinggi ke situs Anda, karena ini meningkatkan peluang Anda untuk masuk dalam peringkat.

C – Content

Konten adalah bagian terpenting dari sebuah halaman website yang bisa menarik perhatian pengunjung. Search engine di sini bertujuan untuk menyesuaikan permintaan pencarian pengguna dengan sebuah halaman website, sehingga bisa memberikan pengguna konten yang relevan. Konten memainkan peran penting sebagai nilai dari mesin pencarian sebuah website. Itu sebabnya ketika konten yang diposting tidak sesuai atau relevan dengan kata kuncinya, bisa – bisa ini justru akan menurunkan peringkat dan menghilangkan konten tersebut.

D – Duplicate Content

Duplicate content di sini berkaitan dengan kasus dimana terdapat beberapa versi halaman website yang mirip dengan website utama Anda. Atau ketika beberapa salinan muncul di lebih dari satu halaman situs website Anda. Copy yang muncul di stus lain juga dianggap Duplicate Content. Search engine menghukum situs dengan jumlah duplikat konten yang besar. Sehingga Anda patut membuat sebuah perbedaan atau keunikan pada konten yang Anda buat di website Anda.

E – Evergreen Content

Evergreen Content adalah konten website yang terus menerus relevan selama ia dipublikasikan. Hal ini berkaitan dengan konten yang memiliki masa hidup atau daya tarik abadi, alasannya adalah karena tidak dipengaruhi oleh peristiwa saat ini atau tren. Anda bisa membuat sebuah penyegaran di sekitar kata kunci yang berhubungan dengan website Anda. Dan cara ini bagus untuk membnatu meningkatkan visibilitas pencarian dan menarik link masuk.

F – Fresh Content

Mesin pencari menyukai konten yang baru. Konten segar seperti ini sering memiliki kesempatan yang lebih baik pada peringkat, karena sangat berhubungan dengan trending topics atau berita terbaru. Mesin pencari paling menyukai konten yang baru dan juga memiliki relevansi yang tinggi. Anda juga dapat memperbaharui halaman dengan informasi baru. Ini dapat membantu Anda menjaga konten agar tetap relevan dengan pengguna. Dan tentu saja akan meningkatkan kesempatan Anda untuk naik peringkat.

[next] G – Google Places

Membangun kehadiran online lokal adalah cara yang bagus untuk mengembangkan bisnis Anda sebagai daftar lokal yang sering diberikan prioritas tinggi oleh mesin pencari. Anda bisa menambahkan bisnis Anda ke Google Places yang akan membantu Anda meningkatkan kesempatan untuk naik peringkat pada pencarian Google, tentu saja yang berhubungan dengan bisnis lokal.

H – HTML

HTML(Hyper Text Markup Language) adalah bahasa yang mendukung pembuatan sebuah halaman website. HTML digunakan untuk menambahkan format dan fungsi ke halaman web. Format HTML membantu kita untuk menginformasikan konten website kepada mesin pencari.

I – Indexing

Mesin pencari menggunakan “Crawler” untuk menavigasi dokumen website guna mengumpulkan informasi. Indexing merupakan pengolahan informasi dari kegiatan yang membangunnya. Agar situs Anda masuk dalam peringkat, halaman website Anda juga perlu untuk diindeks. Google Webmaster tools memiliki fitur yang disebut dengan “Index Status”, yang akan memberi Anda gambaran tentang berapa Google memilih halaman untuk diindeks.

J – Javascript

Dalam teknik SEO sebelumnya telah diperingatkan bahwa situs bergantung pada penggunaan JavaScript, karena menghambat mesin pencari untuk mendata isi yang terkandung dalam kode. Namun pandangan itu telah berubah dari waktu ke waktu. Jika diterapkan dengan benar, Javascript bisa diserap dengan baik oleh mesin pencari. Anda tidak harus tidak menggunakannya, jika Anda merasa perlu untuk website Anda.

[next] K – Keyword Research

Keyword Research adalah sebuah proses mengidentifikasi kata atau frase yang dimasukkan pengguna ke dalam mesin pencari. Penelitian ini harus menjadi dasar dari kata kunci yang ditargetkan untuk situs Anda. Kata kunci harus berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan konten yang Anda tampilkan. Tujuan utamanya adalah menarik pengunjung ke situs Anda dengan tepat dan penelitian ini akan membantu Anda menemukan peluang yang baik bagi bisnis atau jasa Anda.

L – Long Tail Keywords

Kata kunci ekor panjang maksudnya adalah sebuah permintaan pencarian yang mengandung 3 atau lebih kata – kata yang memiliki volume pencarian yang lebih rendah. Contohnya adalah “Resep untuk membuat pancake”. Untuk keyword ekor pendeknya yaitu akan menjadi “resep pancake”. Kata kunci yang sering digunakan akan membantu situs untuk masuk ke dalam ranking mesin pencari. Dan sebagian besar situs akan mendapatkan lalu lintas pencarian yang besar dari kata kunci yang cukup panjang itu.

M – Meta Tags

Meta tag adalah tag HTML yang muncul dalam SERPs tetapi tidak terlihat pada halaman website. Meta tag yang paling sering digunakan untuk SEO adalah “Title Tags” dan “Meta Descriptions”. Menambahkan kata kunci yang relevan dalam tag judul Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk masuk ke peringkat mesin pencari untuk kata kunci tersebut. Meta description tidak memiliki pengaruh terhadap peringkat mesin pencari, namun mereka memainkan peran penting dalam mempengaruhi pengguna untuk masuk ke situs Anda dalam SERPs.

N – Nofollow

Nofollow adalah petintah yang menginstruksikan mesin pencari untuk tidak mengikuti link pada halaman, atau tidak mengikuti link tertentu. Ini berarti link tidak dapat menyampaikan otoritas yang akan membantu meningkatkan peringkat halaman terkait. Sementara itu link nofollow individu tidak akan membantu peringkat pencarian Anda. Karena ini memiliki proporsi yang baik untuk link nofollow akan membantu profil link Anda tampak alami.

O – Over Optimisation

Over Optimisation dapat merujuk pada konten pada halaman website Anda, atau backlinkke situs Anda. Bentuk umum untuk optimasi loading halaman website dengan kata kunci dalam upaya untuk memanipulasi peringkat. Selama backlink dioptimalkan mengacu pada jumlah link yang tidak wajar dengan kata kunci yang dioptimalkan. Dalam kedua kasus mesin pencari dapat menempatkan hukuman di situs atau bahkan melarang mereka muncul di mesin pencari.

P – Penalties

Google memiliki tempat hukuman di website bagi mereka yang dianggap melanggar pedoman dalam menggunakan SEO. Situs yang terkena hukuman akan sering melihat peringkat mereka jatuh dan bahkan dihapus dari mesin pencari. Hukuman bisa berupa algoritmik atau petunjuk. Google merilis update algoritma untuk mengatasi website yang menjadi spam. Di lain kesempatan, Google akan membagikan hukuman berupa petunjuk bagi situs yang mereka yakini sengaja mencoba untuk memanipulasi hasil pencarian.

Q – Query

Query adalah sebuah frase pencarian yang tepat dan ketika pengguna memasukkannya dalam mesin pencari. Penelitian kata kunci Anda harus memberikan indikasi yang baik dari jenis pertanyaan yang pelanggan Anda gunakan. Anda juga dapat melihat di Google Analytics untuk melihat pertanyaan yang tepat diungkapkan pengunjung ketika memasuki situs Anda atau mesin pencari.

[next] R – Rich Snippets

Rich Snippets akan meningkatkan hasil pencarian yang dibuat dengan menambahkan microdata ke halaman website Anda. Microdata adalah jenis format yang meringkas isi dari halaman web ke mesin pencari. Rich Snippets akan membantu halaman website Anda lebih menonjol di mesin pencari dan secara substansial dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda.

S – Social Signals

Ada beberapa perdebatan tentang apakah Google menggunakan sebuah acara sosial untuk mendapatkan sinyal peringkat dari pengunjung. Penelitian telah menunjukkan bahwa situs dengan lebih banyak saham sosial biasanya dapat ditemukan lebih tinggi peringkatnya. Jika Anda membuat konten yang baik atau menawarkan layanan yang besar, maka saham sosial akan datang dengan sendirinya. Kegiatan sosial yang kuat dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak link yang akan memiliki dampak langsung pada peringkat Anda.

T – Trust

Kepercayaan berperan penting dalam menentukan keberhasilan peringkat pencarian Anda. Ketika Anda menambahkan sejarah atau informasi tentang diri Anda, seperti alamat dan rincian kontak, ini akan meyakinkan pengunjung bahwa website Anda terpercaya. Search engine selalu ingin menawarkan pengunjung berupa hasil pencarian dengan kualitas tinggi, sehingga masuk akan bahwa kepercayaan merupakan faktor situs Anda memiliki nilai dimata pengunjung.

U – Unnatural Links

Link yang tidak wajar di sini adalah backlink yang biasanya sengaja dibuat untuk memanipulasi peringkat pencarian. Google sangat ketat pada jenis link yang menghubungkan website. Dan bahkan akan menghukum setiap situs yang dianggap memiliki proporsional besar link buatan. Ini termasuk link yang telah dibeli, link yang dibuat oleh pencakar, atau link yang berasal dari lingkungan yang buruk dari internet.

V – Video

Video dapat menyajikan kesempatan besar bagi merek untuk mendapatkan visibilitas pencarian. Menurut Forrester, video memiliki 50 kali kemudahan untuk mencapai salah satu halaman Google daripada halaman website. Sama seperti halaman website, video harus diptimalkan dengan kata kunci yang berhubungan dengan konten untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang video tersebut pada mesin pencari.

W – Webmaster Tools

Google Webmaster Tools sangat penting untuk mengelola SEO Anda. Webmaster tools membantu Anda melihat situs sebagaimana Google melihatnya. Toolset ini akan memberikan wawasan tentang jumlah halaman yang terindeks di website Anda, tentang link dan keyword apa yang paling populer. Webmaster tools akan secara otomatis menginformasikan kesalahan pada situs Anda.

X – XML Sitemaps

XML Sitemaps membantu menjelajah situs Anda. Gunakan Sitemaps sebagai peta jalan yang memungkinkan crawler untuk menavigasi situs Anda dengan menggunakan pilihan rute Anda. Sitemap juga menyediakan informasi ketika halaman mendapatkan update.

Y – Yoast

WordPress SEO by Yoast adalah sebuah plugin WordPress yang sangat populer. Plugin ini yang memunkginkan Anda dengan mudah menyeting judul halaman dan deskripsi meta template untuk konten Anda, membuat peta situs XML, dan memverifikasi alat webmaster akun Google, dan juga Bing Anda. Ada banyak plugin SEO yang tersedia yang dapat membantu mengelola website dan konten Anda, untuk memastikan bahwa itu akan tampil optimal di mesin pencari.

Z – Zeitgeist

Google Zeitgeist akan memberitahu Anda bagaimana tinjauan terhadap website Anda selama setahun yang lalu. Untuk berhasil dalam SEO, Anda harus selalu memiliki pemahaman tentang bagaimana orang – orang mencari Anda. Tren baru akan muncul, dan penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana perilaku pencarian yang merubah kesuksesan Anda.

Nah, diatas adalah A – Z dari segala kebutuhan kita akan SEO. Sudah pahamkah Anda bahwa SEO sangatlah penting? :)

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini