Sindopos.com - Dengan Inovasi Teknologi Siswa - Siswi SLTA/SLTP dan Masyarakat Bisa Dilibatkan Untuk Memperkenalkan Potensi Wisata Pacitan

Kepala Badan Litbangtik Pacitan
Kabupaten Pacitan yang berada diwilayah pesisir memang banyak dikenal sebagai daerah wisata. Meski begitu, ketenaran kabupaten dengan wisata goa yang diakui salah satu organisasi perserikatan bangsa-bangsa (PBB) sebagai goa terindah se Asia Tenggara tersebut, belum sepenuhnya tersiar ke penjuru dunia. Bahkan masyarakat ‎dalam negeri sendiri, masih banyak yang belum paham tentang Pacitan dengan beragam keelokan potensi wisatanya. Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Statistik (Balitbangtik) setempat, H. Cipto Yuwono, mengatakan, Bahwa Teknologi dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan wisata Pacitan. “Sehingga siar akan potensi wisata di Pacitan dapat ditingkatkan. Terlebih dengan rendahnya angka melek teknologi, juga ikut memengaruhi tersendatnya upaya publikasi yang dilaksanakan pemerintah selama ini,” katanya, Rabu (23/9).

Karena itu agar masyarakat lebih mengenal teknologi, utamanya anak usia sekolah, perlu dikembangkan inovasi-inovasi yang bertujuan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat. Menurut mantan Sekretaris Dinas Pendidikan itu, belum lama ini sudah pernah dilakukan upaya pengembangan inovasi teknologi bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap anak usia sekolah. Khususnya mereka yang duduk di sekolah lanjutan pertama serta atas. Inovasi tersebut terlahir dari mantan aktivis HMI, Agus Hariyanto. “Inovasi itu dengan mengambil media pengembangan website sekolah sebagai sarana penerimaan peserta didik baru dan galeri karya siswa,” jelasnya.

Dengan sarana website sekolah, terlebih dengan pembuatan blog-blog didunia maya, para siswa didik diharapkan bisa lebih berkreasi menulis banyak hal terkait wisata Pacitan dan mempostingnya di bloge miliknya.‎ Tentu saja, apabila upaya seperti itu bisa dilaksanakan minimal 1.000 siswa, tentu upaya publikasi potensi wisata di Pacitan akan lebih luas tersebar. Bahkan dunia internasional akan bisa mengaksesnya. “Inovasi itu sudah diuji dan masuk nominasi sepuluh besar di level provinsi. Mudah-mudahan dengan pengembangan inovasi TIK, akan banyak membantu dalam mempublikasikan segala potensi termasuk pariwisata yang ada di Pacitan,” tutupnya.

Selain itu untuk mendukung inovasi teknologi dan mengembangkan Wisata Pacitan Pada tahun 2015 ini Karang Taruna Kabupaten Pacitan Bekerja Sama Dengan Salah Satu Penyedia Jasa Pengembangan Software dan Web Imago Media menyelenggarakan Lomba Blogging Wisata Pacitan untuk siswa - siswi SLTA/SLTP sederajat se- Kabupaten Pacitan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Kepala Sekolah SLTP se-Kabupaten Pacitan Pada Sabtu 13 September 2015 lalu. Dari kegiatan ini diharapkan selain meningkatkan kreatifitas Siswa - Sisiwi SLTA/SLTP dalam pola pembelajaran disekolah formal juga untuk meningkatkan publikasi Potensi Wisata yang ada di Kabupaten pacitan. (Yun)

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini