Cara Detoks Sehat Alami Setelah Kalap Makan

Sindopos.com - Ibu & Anak; Yang Doyan Makan Apalagi Saat Hari Raya Idul Adha, Lakukan Hal ini.

Cara Detoks Sehat Alami
Cara Detoks Sehat Alami

1. Minum Secukupnya

Air yang Anda konsumsi dapat menjaga organ-organ penyaring kotoran yang dihasilkan tubuh seperti ginjal, hati, usus, dan kelenjar getah bening. Namun bukan berarti Anda harus minum air sebanyak-banyaknya, minumlah secukupnya terutama di saat merasa haus. Salah satu cara untuk mendeteksi apakah tubuh cukup terhidrasi adalah bila Anda buang air kecil setiap beberapa jam sekali dan air kencing yang dikeluarkan berwarna bening.

2. Perhatikan Asupan Kalori

Batasi konsumsi kalori harian Anda menjadi 1.400 - 1.600 kalori per hari. Dengan begitu berat badan Anda akan turun tanpa membuat lemas. Membatasi asupan kalori bukan berarti Anda harus menghilangkannya sama sekali. Bila Anda hanya mengonsumsi 1.200 kalori per hari, tubuh akan mulai membakar otot dan bukan lemak, selain itu akan menyebabkan Anda kekurangan vitamin.

3. Menu Sarapan Sehat

Selama sebulan sebelumnya, kita tidak dapat makan di pagi hari karena berpuasa. Namun begitu puasa selesai, jangan sampai kebiasaan itu terus berlanjut. Anda harus menyisihkan waktu untuk sarapan setiap hari karena melewatkannya justru akan membuat Anda tidak memiliki cukup energi untuk memulai hari. Pilihlah menu yang sehat untuk sarapan seperti buah-buahan dan sayuran segar.

[next] 4. Banyak Konsumsi Sayuran

Sayuran hijau dapat dikonsumsi secara praktis dan nikmat yaitu dengan membuat smoothies. Blender beberapa sayuran seperti bayam, brokoli, dan wortel dengan rempah-rempah seperti jahe, daun parsley, basil, dan kayu manis. Untuk menambahkan rasa manis, bisa masukan setengah buah apel atau jeruk dan protein yang didapat dari gandum, yogurt, susu kedelai, dan telur putih. Campuran ini menjadi sangat sehat karena mengandung banyak vitamin, mineral, fitokimia, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Setiap porsi smoothies mengandung sekitar 300 kalori, sehingga Anda bisa mengonsumsinya 2 hingga 3 porsi sehari.

5. Makanan Berprotein Tinggi

Terkadang Anda tidak memiliki waktu untuk membuat smoothies atau diharuskan makan di luar karena ada meeting ataupun urusan lainnya. Tidak perlu khawatir, pilihlah menu yang kandungan proteinnya tinggi seperti ikan, ayam tanpa lemak, kacang-kacangan serta gandum utuh dan sayuran yang banyak.

6. Snack Rendah Kalori

Di saat jeda antara makan siang dan makan malam, seringkali kita merasa lapar. Atasi rasa lapar itu dengan mengonsumsi beberapa snack sehat yang rendah kalori seperti kacang almond, edamame, dan buah-buahan misalnya.

7. Hindari Makanan Tinggi Lemak

Setelah saat Lebaran Anda bisa berkali-kali mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula, kini saatnya kembali hidup sehat. Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung gula buatan, tepung, nasi, daging berlemak, olahan susu yang tidak non-fat, dan minuman bersoda.

8. Lakukan Aktivitas Fisik

Mungkin Anda tidak terlalu suka berolahraga, tetapi tidak ada salahnya untuk terus bergerak. Melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci, mengepel, dan membereskan rumah dapat membuat tubuh melakukan aktivitas fisik. Dengan begitu sirkulasi darah Anda akan kembali lancar dan racun yang ada dalam tubuh terbuang.

9. Konsumsi Gandum

Meskipun diet gluten-free semakin marak, ahli detoks Dr. Christine Gerbstadt menyarankan untuk tetap mengonsumsi gandum utuh dalam proses detoksifikasi yang Anda lakukan. Gandum utuh dapat berfungsi sebagai penghilang kolesterol. Konsumsi dua porsi kecil sehari.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form