Sindopos.com - kegiatan pembekalan ketrampilan dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan Pembuatan Manisan Jahe dan Jahe Instan

Kerjasama PKKPM dengan Dinsosnakertrasn Kabupaten pacitan ditindaklajuti dengan pelatihan pembekalan ketrampilan dan wirausaha tenaga kerja muda tahun 2015. Pelatihan ini  dilaksanakan dari tgl 24-28 Agustus 2015 bertempat di Balai Desa Ploso Tegalombo, diikuti oleh 20 orang  anggota KPB. Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Desa Ploso, Bapak Camat Tegalombo dan Fasilitator PKKPM.
Kegiatan yang sama ini juga sebelumnya sudah dilaksanakan di desa jeruk tanggal 18-23 Agustus 2015. 

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinsosnkertrans Kabupaten Pacitan Bapak Sunaryo. Dalam sambutannya Bapak Sunaryo menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Setelah pelatihan di diharapkan bisa menjadi wirausahawan dan dapat dikembangkan untuk masyarakat lainnya. Selain mendapatkan pembekalan untuk selanjutnya akan mendapatkan pendampingan dari pendamping PKKPM dan pendamping Tenaga Kerja Sukarela untuk meningkatkan kualitas dari produk kelompok. 
Produk Yang Dihasilkan dari Pelatihan

Peserta dibekali dengan teori  proses pengolahan kripik singkong, pisang dan tempe, dari proses pembuatan, packing dan marketing. Selain teori juga dibekali dengan praktek dan pemberian peralatan produksi. Untuk desa jeruk kecamatan Bandar,peserta dibekali dengan ketrampilan pengolahan jahe instan dan manisan jahe.
Setelah acara pembukaan dilajutkan dengan penyerahan alat produksi dari Kepala Dinsosnakertrans kepada peserta pelatihan.

Post a Comment

Powered by Blogger.