Sindopos.com - Pacitan, Rencana Pembangunan Museum SBY di Pacitan, masih memunculkan teka-teki besar. Itu terbukti, hingga kemarin, Kementerian Pekerjaan Umum, belum memberikan kepastian terkait rencana pendirian gedung monumental ini.

Rencana Museum SBY
Rencana Museum SBY 
Rencana Pembangunan Museum SBY di Pacitan, masih memunculkan teka-teki besar. Itu terbukti, hingga kemarin, Kementerian Pekerjaan Umum, belum memberikan kepastian terkait rencana pendirian gedung monumental yang akan banyak bertutur seputar biografi mantan Presiden RI ke- enam tersebut. Kasie Tata Bangunan, Bidang Cipta Karya, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan (DCKTB), setempat, Tonny Setya Nugroho, mengatakan, sampai saat ini memang belum ada kejelasan, kapan museum mantan presiden dua periode itu akan dibangun. Meski begitu, lanjut dia, kementerian sudah menyelesaikan tahapan detil enginering design (DED). "Mungkin dalam waktu dekat ini, DED sudah sampai di Pacitan," katanya, Rabu (8/4).
Kabar terkait sudah tuntasnya DED, ia dapatkan dari salah seorang pejabat setara kepala seksi di Kementerian PU. Menurutnya tim konsultan akan segera datang ke Pacitan dalam rangka menyampaikan pemaparan.‎ Informasi tersebut, lanjut Tonny, didapatkan dari layanan pesan singkat (SMS) yang disampaikan Dewi, salah seorang kepala seksi di Kementerian Pekerjaan Umum. "Saya dapat SMS dari Bu Dewi, kalau tim survey akan melaksanakan pemaparan soal rencana pembangunan Museum SBY di Pacitan," terang Tonny, kemarin.
Lebih lanjut, ‎Tonny mengungkapkan, terkait lokasi, sudah ditetapkan di kawasan Pantai Pancer Door. Diakuinya, semula lokasi tersebut pernah ditentukan di Lapangan Peta, sebelah Utara Makodim 0801 Pacitan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, tim survey menginginkan agar lokasi pembangunan museum dipindah ke Pantai Pancer Door. "Kami tidak berwenang menentukan lokasi. Pihak kementerian yang memutuskan, dimana gedung Museum SBY nantinya akan didirikan," tutupnya. (yun).

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini