Sindopos.com - Pacitan, Puluhan Pemesan Ruko Ingkar Janji, Dana miliaran rupiah, belum terbayarkan.

Polemik Mandeknya Pembayaran Pembangunan Ruko
Suasana di proyek Ruko Desa Bangunsari, Kecamatan/Kabupaten Pacitan
Keberadaan proyek rumah dan toko (Ruko), Desa Bangunsari, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, terus memantik polemik. Itu lantaran sebagian pemesan ruko belum melunasi kekurangan pembayaran. Menurut Beny Prasetyo, Kades Bangunsari, sedikitnya masih ada 31 pemesan yang hingga detik ini tak kunjung menyelesaikan kekurangan pembayaran ruko yang sudah mereka beli. ‎Dari puluhan pemesan tersebut, jumlah tanggungan yang belum dilunasinya bervariatif. "Namun rata-rata kekurangannya mencapai puluhan juta rupiah per pemesan," katanya, Minggu (5/4).
Beny mengungkapkan, total kekurangan pembayaran yang masih nyantol di sejumlah pemesan tersebut mencapai Rp 1,045 miliar. Sedangkan dari pihak pengembang hanya tinggal menyisakan empat ratusan juta lebih, tanggungan yang belum diselesaikan. Nominal tersebut hanya tinggal finishing beberapa bangunan. Seperti pemasangan pintu rolling door, serta bebera item kecil lainnya. "Kita sangat kerepotan ‎dengan kondisi tersebut. Sebab mayoritas dari para pemesan ingkar janji tidak menepati kesepakatan," keluh Beny pada awak media, kemarin.
Sementara dilain sisi, Beny juga tidak menampik, beberapa pemesan yang sudah melunasi kekurangan pembayaran, saat ini sudah menempati bangunan ruko untuk kegiatan usahanya. Sedangkan yang belum membayar, memang belum mendapatkan kuci. Termasuk fasilitas aliran listrik PLN juga belum dipasang. "Kita masih menunggu niat baik mereka untuk segera melunasi tanggungannya," jelas bapak dua anak itu.

Lebih lanjut, Beny menuturkan, proyek ruko yang ditaksir senilai Rp 2,5 miliar lebih itu dibangun diatas lahan bengkok. Pemerintah desa menerapkan sistem ‎bangun serah guna selama 20 tahun. Selanjutnya, pihak pengguna bisa melakukan perpanjangan waktu dengan mekanisme sewa berdurasi lima tahunan. (yun).

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini