Sindopos.com - Pacitan, Menyambut Pilkada Kabupaten Pacitan

Menyambut Pilkada Kabupaten Pacitan
Meyambut Pilkada Kabupaten Pacitan
Bukan hanya Demokrat, Golkar dan PDIP, Partai Gerindra juga masih segan menentukan sikap politiknya soal bakal calon kepala daerah. Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Partai Gerindra, Kabupaten Pacitan, Kapten CPM (pur) Riyanto, menegaskan, sampai detik ini parpol yang ia nahkodai masih melihat dan menunggu. "Kita belum ambil sikap apapun, soal bakal calon kepala daerah," terangnya, Jumat (3/4).
Parpol yang kelahirannya dibidani, Letjend TNI (pur) Prabowo Subianto itu, juga masih malu-malu mengambil sikap, mewacanakan kader ataupun partisannya untuk dipentaskan pada Pilkada, Desember mendatang. Apalagi, partai peringkat ke-empat nasional dalam Pileg 2014 lalu tersebut, hanya bisa "mencuri" dua kursi di DPRD. Tentu, agar bisa lolos sebagai parpol pengusung pasangan calon, Gerindra mau tidak mau harus berkoalisi dengan parpol lain ‎hingga memenuhi 20 persen perolehan kursi di DPRD. "Karena itu, sikap kami ya masih melihat dan menunggu," jelasnya.
Parpol yang juga anggota koalisi merah putih (KMP) saat Pilpres itu, sejatinya membuka kran lebar-lebar kepada semua parpol yang mungkin akan meminangnya sebagai mitra koalisi. Tidak terbatas pada Golkar ataupun Demokrat, dengan PDIP sekalipun yang merupakan rival politiknya saat Pilpres lalu, Gerindra juga membuka pintu lebar-lebar. "Kami sangat terbuka dengan siapapun. Bisa dengan Golkar, Demokrat, atau bahkan PDIP sekalipun, kami sangat membuka diri untuk diajak berkoalisi," tutur Riyanto pada media, kemarin.

Riyanto juga menegaskan, Gerindra tidak membuka posisi tawar harus mencalonkan kader atau partisannya sebagai kepala daerah maupun wakilnya. Sebagai parpol koalisi pendukung pasangan calon pun, ‎siap dilaksanakan. Akan tetapi, bila memang ada parpol lain yang "melirik" eksistensinya agar mengutus kader atau partisannya sebagai bakal calon kepala daerah, itu yang sangat diharapkan. "Intinya, kami terbuka dan flexibel menyikapi dinamika politik," tutupnya. (yun).

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini