Sindopos.com - Pacitan, Bertempat di Aula Gedung Bappeda Kabupaten Pacitan Dilaksanakan Sosialisasi Progam Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Berbasi Pemberdayaan Masyarakat (PKKPM-P2B).

Nara Sumber Sosialiasi P2B
Nara Sumber Sosialiasi P2B
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho, SP secara langsung membuka serta memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan Pilot Project Program Penghidupan Berkelanjutan (P2B). Kabupaten Pacitan merupakan 1 dari 26 kabupaten lain se - Indonesia yang mendapatkan alokasi pilot project Program Penghidupan Berkelanjutan. Pada tahun ini P2B dikabupaten Pacitan diterapkan pada 2 kecamatan yaitu Kecamatan Bandar dan Kecamatan Tegalombo. 
Pada kesempatan sosialisasi yang dihadiri dari berbagai SKPD, BKAD PNPM-MPd, Camat serta kepala Desa Lokasi Program  P2B juga disampaikan penjelasan detail dan teknis oleh Ibu Sugiyem selaku narasumber dari Bappeda Kabupaten Pacitan. Dalam penjelasanya Ibu Sugiyem Menyampaikan bahwa Pilot Project ini merupakan bagian dari arah Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Nasional. 
Selanjutnya Didit Wahyono yang merupakan Koordinator Pendamping P2B menyampaikan terkait detail mekanisme pelaksanaa program, target dan fokus kegiatan, output kegiatan serta RKTL pelaksanaan program. Untuk mencapai tujuan pelaksanaan kegiatan program ini, dalam kurun waktu 2 bulan ini tim pendamping yang berjumlah 8 orang harus kerja sama dan sama-sama berkerja sama dengan stakeholder Kecamatan dan Desa. Target 2 bulan pendampingan ini adalah terbentuknya kelompok - kelompok Penghidupan Berkelanjutann (KPB) RTSM di desa sampai adanya kegiatan rutin oleh  KPB-KPB tersebut.

Sebelum dilakukan pembentukan kelompok KPB terlebih dahulu harus dilakukan verifikasi by name by address terlebih dahulu. Hal ini diperlukan karena basis data yang digunakan adalah basis data kemiskinan PPLS tahun 2011. Sehingga diharapakan dari hasil verifikasi ini adalah didapatkan validasi dan update data terbaru dari kondisi riil dilapangan untuk di ambil maksimal 500 RTSM paling prioritas yang belum pernah mendapat program lain atau paling miskin.

Untuk mensukseskan Program P2B ini Bappenas telah menyeleksi berdasarkan kualifikasi pendamping terbaik dari Ex-PNPM-MPd era pemerinatahan SBY. Berikut daftar pendamping PKKM-P2B kabupaten Pacitan.

Fasilitator Kabupaten :

Didit Wahyono
Susanto Nugroho

Fasilitator Kecamatan Tegalombo

Happy Dwi Nugroho
Siwid Budi Sulistyono

Fasilitator Kecamatan Bandar

Agus Hariyanto
Choiril Anwar
Ulfah 

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini