Sindopos.com - Pacitan, Trotoar Licin Dinas terkait lamban bersikap, Sebabkan Pejalan Kaki Terpeleset.

Trotoar Licin Dinas terkait lamban bersikap, Sebabkan Pejalan Kaki Terpeleset.
Trotoar Licin Dinas terkait lamban bersikap, Sebabkan Pejalan Kaki Terpeleset.
Beberapa trotoar yang sudah dilapisi ubin tegel dan keramik, khususnya dikawasan depan UPT Rumah Pinter Telecenter (Rupintec), Pacitan, kondisinya berlumut. Tak ayal, sejak datangnya musim penghujan lalu, banyak pejalan kaki nyaris celaka gara-gara kepleset saat melintas diatas trotoar jalan. Meski begitu, instansi terkait terkesan masa bodoh, tidak melakukan tindakan apapun. Terbukti, hingga Jumat (14/3) kemarin, trotoar tersebut masih licin dan tertutup lumut.

Menurut keterangan sejumlah warga, trotoar jalan yang dilapisi ubin tegel, ‎sering kali membuat pejalan kaki terpeleset. Sebab lapisan lumut yang menutupi tegel sudah tebal, lantaran tidak pernah dibersihkan. Apalagi saat terguyur air hujan, kondisinya kian licin. "Selama ini sudah banyak pejalan kaki yang kepleset. Apalagi anak-anak saat berlarian diatas trotoar, sering terjungkal," kata salah seorang pejalan kaki, Jumat (14/3).

Sumber yang juga warga sekitar Rupintec itu menginginkan, agar unit satuan kerja terkait segera turun tangan. Sebab selama masih musim penghujan, trotar jalan itu bertambah licin dan membahayakan bagi pejalan kaki. "Kami berharap segera dibersihkan, jangan sampai ada pejalan kaki yang terjatuh dan terluka gara-gara trotoarnya licin," harapnya.

Sementara itu, Kabid Kebersihan, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan (DCKTB) setempat, Happi, mengatakan, segera melakukan cek lapangan. Menurutnya, setiap hari sejatinya sudah ada petugas kebersihan yang bertugas menyapu dan membersihkan jalan dan sekitarnya. "Seharusnya, trotar juga ikut dibersihkan. Tidak hanya menyapu jalan, tapi trotoarnya dibiarkan," tegas Happi, kemarin.

Happi juga menyebut, kegiatan pemasangan tegel serta keramik diatas trotoar jalan,  sebenarnya ada di Bidang Cipta Karya. Sehingga merekalah yang lebih berwenang soal spesifikasi bahan penutup lantai agar tidak licin saat dilewati. Sementara itu hingga berita ini diturunkan, Kabid Cipta Karya, Heru Tunggul Widodo, belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi melalui ponselnya, pejabat eselon IIIB tersebut tidak mengangkat panggilan wartawan, sekalipun terdengar nada sambung. (yun).

Yuniardi Sutondo-Pacitan.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini