Sindopos.com - Pacitan, Presiden RI Ke-6 pun Kesengsem Dengan Akik Khas Pacitan Yang Memang Berkulaitas Terbaik dan Sudah Memenangkan Konstes Batu Akik Nusantara

Mantan Presiden SBY Kunjungi Pameran Akik Di Pendopo Kabupaten Pacitan
Mantan Presiden SBY Kunjungi Pameran Akik Di Pendopo Kabupaten Pacitan
Euforia batu akik, juga menjadi atensi tersendiri bagi mantan Presiden RI ke-enam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta Hj. Ani Yudhoyono. Di hari kedua dalam serangkaian lawatannya ke Pacitan, mantan orang nomor satu di Indonesia tersebut menyempatkan diri meninjau beberapa perajin batu mulia yang kemarin sengaja didatangkan ke pendopo. Dengan serius, SBY yang saat itu nampak bersama Ani Yudhoyono dan putra bungsunya, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY), melihat satu demi satu bebatuan mulia yang sudah terpoles indah dalam ring cincin. Tidak hanya itu, Ketua Umum DPP Partai Demokrat tersebut juga berkenan melihat secara dekat proses pembuatan batu akik, mulai dari bongkahan batu yang dibelah menjadi kepingan-kepingan kecil, hingga menjadi butiran akik bernilai ekonomis sangat tinggi.
Sebagai putra asli Pacitan, SBY berharap, demam batu akik yang sudah merambah ke seantero negeri itu bisa terus dikembangkan. Utamanya di Kabupaten Pacitan yang selama ini dikenal sebagai wilayah bebatuan nan tandus, namun banyak menyimpan potensi bebatuan mulia sangat artistik. "Potensi ini saya harapkan bisa terus dikembangkan," kata SBY.
Menurutnya, seiring membomingnya batu akik‎, sektor-sektor ekonomi masyarakat diharapkan bisa lebih berkembang lagi. Masyarakat yang semula menganggur, namun berbarengan dengan euforia batu akik, mereka bisa lebih berdaya. "Ekonomi masyarakat akan lebih meningkat. Sebab, banyak sektor tergerak dan membuka peluang pendapatan," jelasnya.

Berikut Video Suasana Saat Presiden RI Ke - 6 Mengunjungi Pameran Akik Di Pendopo Kabupaten Pacitan;


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Dinkopindag) Kabupaten Pacitan, Supomo, menegaskan, demam batu akik bukan hanya merambah di bumi nusantara, namun dunia internasional juga ikut terdampak akan keindahan bebatuan mulia tersebut. ‎"Sebagai warga Pacitan, tentu kita sangat bangga punya potensi bebatuan akik yang diakui dunia," imbuhnya, kemarin.

Mantan Kepala Bappemas dan Pemdes itu mengungkapkan, sejak Tahun 2013 lalu, potensi batu akik di Pacitan yang sudah laku terjual mencapai 11 miliar lebih. Sedangkan pada awal Tahun 2015 ini, sudah bertengger dikisaran 3,360 miliar. Ini sebagai bukti, potensi akik di Pacitan memang sangat melimpah. "Bukan hanya ketersediaan bahan baku, namun kualitas batu akik Pacitan memang diakui dunia," beber Supomo pada wartawan.

Karena itu, seiring kedatangan SBY ke Pacitan, masyarakat sangat berharap, iklim perniagaan akik bisa lebih menggeliat lagi. Sebab diyakini, kehadiran Presiden IGGG tersebut akan memberikan nilai tambah terhadap keberlangsungan para perajin akik di Pacitan. (yun).

Post a Comment

Powered by Blogger.