Sindopos.com - Pacitan, Chalcedony Pacitan Jenis Batu Akik Kalsedon Terbaik Di Indonesia.

Lokasi Sungai Sumber Akik Chalcedony Keladen
Lokasi Sungai Sumber Akik Chalcedony Keladen
Masyarakat Pacitan harus lebih bersyukur karena dikarunia sumber daya alam yang luar biasa, Batu akik Chalcedhony terbaik di nusantara bahan/rough nya berasal dari Keladen. Batuan ini dapat ditemukan disepanjang aliran sungai BakSooka (Kecamatan Punung) Sampai Sungai Maron (Kecamatan Donorojo). Keindahan serta kualitas batuan pacitan memang sudah terbukti dari beberapa kali memenagkan kontes batu akik di Indonesia.

Seperti baru - baru ini, saat Kontes Batu Akik Terbesar di Sri Wedari Solo 8-5 Maret 2015. Batuan akik pacitan merajai juara kontes batu akik terbesar nusantara 2015. Batu akik pacitan menjadi Juara dari 6 kategori kelas kontes batu akik. Dengan kualitas yang dimiliki batu akik asal keladen ini maka sekarang rough/bahan akik dari keladen ini menjadi incaran para kolektor batu akik. baik untuk dijual atau untuk dikoleksi.
Mungkin anda juga termasuk orang yang memburu batu akik ini, kalau memang anda termasuk dan ingin berburu bahan batu akik langsung dari sumber nya silahkan lanjutkan membaca beberapa tips berikut ini. Sebelum anda berburu batu akik ada baiknya terlebih dahulu mengenal meneral ini agar buruan anda tidak sia-sia. Cara mencari batu akik di aliran sungai kita harus terlebih dahulu mengenal ciri-ciri batu akik yang masih berbentuk bongkahan.

Ciri ciri Rough /Bahan Batu Akik:

1.Tekstur luar bongkahan batu akik lebih halus dibandingkan batu biasa dan memiliki warna yang berbeda (tergantung jenis batu akiknya).
2.Batu akik lebih keras dan padat dibandingkan dengan batu kali, terkadang bongkahan batu akik tertutup kulit batu berwarna putih sehingga warna asli batu akik tidak terlihat dari luar.
Contoh Rough Batu Chalcedhony
Contoh Rough Batu Chalcedhony

Peralatan Yang Digunakan Untuk Mencari Bahan Batu Akik:

1.Palu : palu digunakan untuk memecahkan batu yang menurut pengawasan kalian itu mirip dengan ciri-ciri batu akik. Pemecahan batu cukup dibagian sudut batu agar warna dalam batu tersebut terlihat hal tersebut bertujuan untuk membuktikan apakah batu tersebut benar merupakan batu akik atau batu kali.
2. Linggis : Berfungsi untuk menggali dan mencungkil batu didasaran sungai. Linggis sangat diperlukan karena biasanya lokasi batu akik yang bagus berada disela - sela himpitan antar batu.
3.Tas : berfungsi untuk menyimpan/membawa barang bawaan yang diperlukan dan juga sebagai tempat menyimpan sementara perolehan batu akik.
4. Sepatu : dalam mencari batu akik di aliran sungai disarankan kalian menggunakan sepatu untuk perlindungan kaki anda, jika perlu anda gunakan sepatu buts agar tahan air.

Jika sudah tahu ciri - ciri bahan batu akik dan sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Untuk pengenalan silahkan lihat video penduduk lokal yang sudah mahir mencari batu akik di sepanjang sungai pra sejarah ini.



Sebagai tambahan informasi, Lokasi atau Sumber tambangnya ada 2 yakni dari bukit Ndasar dan sungai Keladen. Sehingga banyak yang menyebut batu cincin pacitan keladen. Tambang yang di bukit Ndasar sebagai tambang primer sedangkan dari sungai Keladen disebut sekunder. Namun serat yang dari sungai lebih bagus karena berkolaborasi dengan material lain sehingga unsur mineralnya lebih tinggi.
Jika merasa kurang akan informasi untuk melakukan ekspedisi sungai Bak Sooka sampai Maron ini silahkan menghubungi tim Ekspedisi Sindopos.com di nomer HP : 08174136638. 
Selamat berburu (Aregoes-Sindopos.com)

Post a Comment

Powered by Blogger.