Sindopos.com - Pacitan, Generator seat tak berfungsi, Dispendukcapil tunda pelayanan sebabkan Ratusan Pemohon Adminduk Keleleran

Ratusan Pemohon Adminduk Pemda Pacitan Keleleran
Ratusan Pemohon Adminduk Pemda Pacitan Keleleran
Jelang kunjungan mantan Presiden RI, ke-enam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke kampung halamannya di Pacitan, aliran listrik PLN, mati total. Sejak pagi, segala aktivitas perkantoran harus stagnasi, gara-gara padamnya aliran listrik. Kondisi paling parah terjadi di beberapa unit satuan kerja yang langsung bersinggungan dengan pelayanan publik. Seperti misalnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Sejak padamnya aliran listrik, dinas dibawah kendali HM. Fathony itu tidak bisa melaksanakan proses pelayanan administrasi kependudukan (adminduk).
Pantauan wartawan sindopos.com dilokasi menyebutkan, ratusan pemohon adminduk harus keleleran diteras kantor. Pun diruang tunggu, puluhan pemohon nampak mengantre sambil menunggu tersambungnya kembali aliran listrik PLN. Mayoritas, para pemohon tersebut berasal dari pelosok desa. Mereka mengaku kecewa, lantaran permohonan adminduk mereka harus tertunda gara-gara padamnya aliran listrik. "Sejak pagi ngantre, belum tentu jadi hari ini Mas. Padahal rumah saya jauh, besok harus kembali lagi kesini," ujar Hariyadi, salah seorang pemohon asal Sudimoro itu, Selasa (10/3).

Sementara itu, HM. Fathony, Kepala Dispendukcapil Pacitan, menegaskan, proses pelayanan permohonan adminduk memang terhenti sementara. Pihaknya tidak bisa berbuat lebih lantaran semua perangkat harus tersambung dengan aliran listrik. Dilain sisi, generator seat yang ada di Dispendukcapil tidak bisa lagi difungsikan. "Ya terpaksa harus menunggu sampai listrik kembali menyala," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan itu, kemarin.

Fathony menyadari, dengan kendala tersebut, ratusan pemohon tidak bisa terlayani. Akan tetapi, dia berjanji seandainya listrik bisa menyala saat jam kerja, pelayanan tetap dilanjutkan semampunya. "Bagi yang belum bisa terlayani, ya ditunda besok pagi. Kami mohon maaf atas terhambatnya proses pelayanan adminduk," tuturnya.  (yun).
Yuniardi Sutondo
(Yuniardi Sutondo-Pacitan)
Kontributor Sindopos.com

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini