SIndopos.com - Siapa sih yang nggak suka permen? Dari anak-anak sampai orang dewasa pasti suka. Apalagi kalau permennya tidak membuat gemuk yang seperti ini. Hehehe…Sobat pasti bingung kan permen manis apa yang nggak bikin gemuk dan bahkan bisa menurunkan kolesterol ini?


Ini namanya permen kulit pisang, Sobat. Yap, kulit pisang yang biasanya akan langsung kita buang telah diolah oleh kakak-kakak mahasiswa Universitas Brawijaya menjadi sebuah permen manis dengan khasiat menurunkan kolesterol dan menggunakan pewarna alami. Hmm…gimana cara buatnya ya?
Bersama Kak Klara dan Kak Nisa, mahasiswi Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang ini kita akan buat permen kulit pisangnya. Kulit pisang yang dipakai bisa dari pisang jenis apapun, lho. Jadi mudah sekali kan mendapatkannya.

Tahap pertama kita iris kulit pisangnya menjadi beberapa bagian lalu dikukus. Keringkan irisan kulit pisang dengan dua tahap. Pertama keringkan kulit dengan cara menjemur selama 2 hari hingga kering seperti keripik. Tahap kedua bisa dengan mengggunakan oven dengan suhu 55 derajat celcius. Pengeringan ini juga bertujuan untuk membuat rasa kesat pada kulit pisang menjadi hilang.


Blender kulit pisang yang sudah kering hingga menjadi bubuk. Langsung campurkan 25 gram serbuk kulit pisang dengan 1 liter air murni dan 25 gram asam sitrat. Setelah diaduk secara rata, panaskan dengan suhu 90 derajat celcius. Sekaligus dinginkan. Proses ekstrasi tersebut dilakukan secara berulang-ulang hingga menghasilkan tepung. Tepung inilah yang disebut zat pektin, yang akan digunakan sebagai bahan pembuatan permennya.

Kita lanjuut. Siapkan buah naga yang akan digunakan sebagai pewarna dan bahan campurannya. Ambil sari buah naganya saja ya Unyilers. Campur dengan zat pektin dan gula rendah kalori. Aduk hingga berbuih. Diamkan selama beberapa menit hingga agak dingin lalu dicetak. Dan…jadi deh permen kulit pisang kita!


Permen kulit pisang ini sudah diuji di laboratorium dapat menurunkan kolesterol hingga 52% jika dikonsumsi selama 2 minggu lho. Hal ini karena permen kulit pisang ini mengandung banyak zat pektin yang berguna untuk mengikat kolesterol dan mengobati penderita penyakit jantung. Waah…kulit pisang yang biasanya kita buang ternyata dapat dijadikan sebagai makanan sehat dan enak ya guys. Hebat!

Post a Comment

Powered by Blogger.