SIndopos.com - Anda tentu bisa bayangkan apa jadinya jika gaji yang diterima ternyata sudah habis di pertengahan bulan? Jika Anda termasuk salah satu orang yang mengalami hal itu, Anda tak perlu khawatir, sebab ada cara mudah untuk mengatasinya. Berikut beberapa tip agar bisa lepas dari jeratan utang.

Tetapi sebelumnya tentunya semua tips ini akan bergantung kepada konsistensi anda, karena jika dilakukan dengan konsisten maka tidak akan efektif cara ini untuk dilakukan.

Catat semua pengeluaran Anda

Agar terhindar dari jeratan utang, penting bagi Anda untuk selalu mencatat semua pengeluaran setiap bulannya. Dengan begitu, Anda akan tahu untuk apa saja uang yang Anda miliki dihabiskan. Nah, setelah mengetahui biaya yang dikeluarkan, Anda dapat dengan mudah memangkas pengeluaran yang sejatinya tak dibutuhkan. Alhasil, isi dompet Anda pun bakal tetap aman.

Lunasi semua tagihan setiap terima gaji

Setiap menerima gaji, usahakan untuk selalu  melunasi semua tagihan yang Anda punya. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda tak menambah utang yang sudah ada. Dengan membiasakan hal tersebut, bukan tak mungkin jika Anda bisa keluar dari jeratan utang.

Jangan gunakan kartu kredit

Berbelanja menggunakan kartu kredit hanya akan menambah jumlah utang Anda. Karenanya, cobalah untuk selalu gunakan uang tunai setiap Anda melakukan pembelian. Jika tak punya uang, berhentilah berbelanja! Dengan menerapkan cara tersebut, Anda pun dapat dengan mudah lepas dari jeratan utang yang menakutkan.

Hidup sederhana

Jeratan utang tentu saja akan lebih dekat dengan orang yang hidupnya berfoya-foya. Ya, apalagi jika penghasilan orang tersebut tergolong ‘standar’. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu hidup dalam kesederhanaan agar utang bisa pergi jauh dari kehidupan Anda.

Cari tambahan penghasilan

Mencari tambahan penghasilan juga merupakan cara terbaik agar Anda terhindar dari jeratan utang. Tak hanya itu, Anda pun akan lebih  menghargai uang yang didapat dari hasil kerja keras. Jadi, usahakan untuk tak sembarangan mengeluarkan uang dan rajin-rajinlah dalam menabung.
masuk dalam jeratan utang
'

Oh ya, selain beberapa cara tadi, ada satu hal penting yang juga wajib untuk Anda lakukan. Apakah itu? Berjanjilah pada diri Anda sendiri untuk selalu berhemat !

Kebiasaan menghambur-hamburkan uang merupakan salah satu penyebab seseorang masuk dalam jeratan utang. Anda tentu bisa bayangkan apa jadinya jika gaji yang diterima ternyata sudah habis di pertengahan bulan? Ya, satu-satunya cara agar bisa bertahan hidup hingga akhir bulan adalah dengan meminjam uang dari teman, keluarga, atau menggunakan kartu kredit.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini