Kelola Gaji Anda

SIndopos.com -  - Trik Cerdas Agar Gaji Anda Cukup Untuk Sebulan
Mengatur keuangan bulanan memang susah-susah gampang. Jika tak pandai mengelolanya, bukan tak mungkin gaji yang Anda terima bakal jebol sebelum gaji bulan berikutnya tiba. Lantas, bagaimana cara menyiasati agar gaji yang diperoleh cukup hingga akhir bulan? Terapkanlah beberapa trik sederhana berikut ini !

Perbanyak Sedekah
Kok Bisa, secara logika ketika kita bersedekah maka harta kita akan berkurang tetapi kenyataan yang terjadi adalah ketika kita banyak bersedekah maka pemasukan kita akan bertambah (Otak Kanan). Jangan terlalu pelit untuk menyedeahkan sebagian harta kita karena Tuhan telah menjanjikan rezekinya untuk umatnya.

Hindari pembelian kecil
Hindarilah membeli barang-barang kecil yang sejatinya tak terlalu dibutuhkan, misalnya camilan atau minuman kemasan. Ya, hal tersebut penting untuk menghemat pengeluaran bulanan Anda. Pada awalnya mungkin akan sedikit sulit, namun percayalah lama kelamaan Anda akan terbiasa.
Alokasikan keuangan berdasarkan kebutuhan

Alokasikan keuangan berdasarkan kebutuhan
Hal penting yang harus diperhatikan saat meyusun anggaran adalah mengalokasikan pengeluaran berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. Selain itu, prioritaskanlah membayar tagihan-tagihan saat gaji sampai di tangan Anda.

Bijak dalam menggunakan kartu kredit
Untuk menghemat pengeluaran, cobalah bijak dalam menggunakan kartu kredit. Jika memang tak dibutuhkan, ada baiknya jika Anda meninggalkannya di rumah. Ya, cara tersebut ampuh agar Anda tak terbebani dengan tagihan dibulan-bulan berikutnya.

Pangkas kebutuhan yang tak perlu
Agar gaji yang Anda terima cukup untuk satu bulan kedepan, cobalah pangkas kebutuhan yang sebenarnya tak diperlukan. Perhatikanlah hal-hal di sekeliling Anda yang bisa dihemat, misalnya listrik, biaya air, atau jaringan internet. Ya, lakukanlah efisiensi.

Jangan terlalu sering pergi keluar
Hangout dengan teman lama atau rekan kerja di cafe atau kedai kopi memang menyenangkan. Namun, tahukah Anda jika gaya hidup tersebut bisa menguras isi kantong Anda? Tentu saja kalau dilakukan terlalu sering. Karenanya, batasilah acara jalan-jalan keluar Anda, semisal satu kali dalam seminggu.


Oh ya, selain beberapa langkah di atas, penting bagi Anda untuk berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu. Caranya? Tanyakan pada diri Anda apakah benar-benar membutuhkannya atau tidak.

Post a Comment

Powered by Blogger.
close
Banner iklan disini